Bengkulu Miliki Festival Bukit dan Lembah dengan Suguhan Susu dan Kopi - Kompas.com

Bengkulu Miliki Festival Bukit dan Lembah dengan Suguhan Susu dan Kopi

Kompas.com - 12/09/2018, 14:05 WIB
Pembukaan festival bukit dan lembah di Kabupaten Kepahiang, Provinsi BengkuluKOMPAS.COM/FIRMANSYAH Pembukaan festival bukit dan lembah di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu


BENGKULU, KOMPAS.com - Mountain Valley Festival (Festival Bukit dan Lembah) 2018 dengan suguhan susu dan minum kopi serentak di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, menjadi atraksi wisata baru.

Berbagai potensi alam, peternakan dan hasil karya masyarakat “Bumi Sehasen” ditampilkan dalam kesempatan ini. Sebagai daerah dengan hasil perkebunan dan peternakan terbaik, termasuk aksi minum susu dari peternakan dan minum Kopi.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku optimistis terhadap efek pelaksanaan event ini.

Menurutnya, dengan semua potensi yang ada, Mountain Valley Festival yang dipusatkan di Kawasan Wisata Perkebunan Teh Kabawetan, Kabupaten Kepahiang memiliki kekhasan tersendiri dari sisi budidaya, esksistensi serta keunikan di dalamnya.

“Nah kemasan inilah yang harus diunggulkan dan kita sajikan dalam bentuk Festival Bukit dan Lembah. Tujuannya tidak lain memotivasi, menimbulkan keyakinan kepada pelaku usaha, sekaligus membuka informasi kepada dunia luar atas keunggulan Kabupaten Kepahiang ini,” jelas Rohidin beberapa waktu lalu di Bengkulu.

Lanjut Rohidin Mersyah, selama ini keunggulan setiap Kabupaten-Kota memang belum terangkum dan tersaji secara baik.

Keunggulan Kabupaten Kepahiang dari sisi perkebunan, peternakan, hortikultura bahkan potensi bidang olahraga Bukit dan Lembah, diyakini akan semakin memajukan daerah ini jika dikemas dan dikelola secara baik.

Pengelolaan itu dibutuhkan mulai dari manajemen yang baik dari sisi budaya hingga pengelolaan dari sisi pemasaran.

Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid, pelaksanaan Mountain Valley Festival perdana di Kabupaten Kepahiang ini memang masih memiliki beberapa kelemahan.

Namun, ia tetap optimis kedepan setelah semua pencanangan di setiap kabupaten-kota, di Wonderful Bengkulu 2020 pihaknya akan menyiapkan dengan lebih baik lagi.

“Intinya kita memulai dengan terus belajar, karena jika kita tidak memulai kita tidak tahu kurang dan salahnya di mana. Pada dasarnya pengembangan produk itu untuk masyarakat, sehingga mendapatkan kesejahteraan,” ungkapnya.

Berbagai hasil produk unggulan Kabupaten Kepahiang disajikan dalam Muontain Valley Festival 2018 ini. Selain produk unggulan buah-buahan, sayuran dan ternak, juga ditampilkan Kesenian Tari Kreasi Musik Dol, pelaksanaan Jelajah Kabawetan, Gerak Jalan Wisata serta Fun Bike.



Close Ads X