Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pembukaan GAMIFest, Hotel di Takengon Penuh

Kompas.com - 13/09/2018, 12:30 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Menjelang pembukaan Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 pada 14 September seluruh hotel dan penginapan di Takengon, Aceh Tengah, dipastikan penuh.

Rencana pembukaan GAMIFest yang mengundang 2.000 tamu itu diperkirakan menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

"Pemesanan sudah berlangsung sejak dua minggu yang lalu. Bahkan booking juga terjadi menjelang pembukaan," kata pemilik Hotel Bayu Hill Takengon, Aceh Tengah, Cut Dewi Karmila, Rabu (12/9/2018).

Baca juga: Wisata Arung Jeram Takengon, Sensasi Mengarungi Sungai Pesangan

Ia menjelaskan, jumlah kamar hotel tersebut mulai ramai dipesan untuk tanggal 12-14 September.

"Dari 45 kamar yang kami miliki, sudah dipesan menjelang 14 September. Mulai full untuk tanggal 12-14, sehingga dipastikan padat," kata Cut Dewi.

Dari total kamar yang dimiliki, lebih kurang menampung 90-100 orang," lanjutnya.

Baca juga: Melihat Sisi Lain Aceh di Gayo Alas Mountain International Festival 2018

Ia mengungkapkan, hotelnya tetap menerima wisatawan yang akan meramaikan acara akbar itu, sesuai imbauan dari Pemda Aceh Tengah dalam sebuah rapat yang pernah diikuti sebelumnya.

"Kita diimbau untuk memperhatikan aspek kebersihan, pelayanan. Kita akan berupaya maksimalkan dengan tetap menginstimewakan tamu baik dari segi pelayanan dan keamanan," ungkap Cut Dewi.

Ia mengakui, peran hotel harus terus ditingkatkan untuk GAMIFest. Termasuk untuk kuliner di hotel seperti penyajian kopi arabika gayo.

Seorang warga negara asing sedang memotret proses peracikan kopi Gayo di salah satu Coffee Shop di Takengon, Aceh Tengah.
KOMPAS.com/ IWAN BAHAGIA Seorang warga negara asing sedang memotret proses peracikan kopi Gayo di salah satu Coffee Shop di Takengon, Aceh Tengah.
"Kita turut membantu publikasi lewat media sosial kepada tamu yang mungkin sudah kemari atau yang belum pernah kemari. Jadi kita sampaikan bahwa ada agenda kebudayaan di Dataran Tinggi Gayo Alas," kata Cut Dewi.

Seperti diketahui, GAMIFest 2018 digelar di empat kabupaten di Aceh, yakni di Dataran Tinggi Gayo meliputi Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, serta di Aceh Tenggara atau disebut juga tanah Alas.

Perhelatan kebudayaan masyarakat Gayo-Alas yang berada di wilayah tengah tenggara Aceh ini akan berlangsung selama tiga bulan, dimulai 14 September dan berakhir pada 24 November 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com