"Poke Bowl" yang Sedang Hits Bisa Dicoba di Sini - Kompas.com

"Poke Bowl" yang Sedang Hits Bisa Dicoba di Sini

Kompas.com - 14/09/2018, 14:21 WIB
Menu Pingoo Poke Bowl Tuna, Pingoo Poke Bowl Salmon di Pingoo Restaurant.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARYA Menu Pingoo Poke Bowl Tuna, Pingoo Poke Bowl Salmon di Pingoo Restaurant.

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika Anda menyukai makanan sehat atau sedang diet, menu Poke Bowl dari Hawaii bisa jadi pilihan. Poke Bowl terdiri dari sayur-sayuran segar dan daging mentah yang dicampur saus khusus.

Tidak perlu jauh-jauh ke Hawaii untuk mencoba makanan ini. Anda bisa mencobanya di Pingoo Restaurant, Neo Soho Mall, Jakarta Barat.

Di restoran ini Anda bisa mencoba empat macam Poke Bowl yaitu Pingoo Poke Bowl Tuna, Pingoo Poke Bowl Salmon, Pingoo Poke Bowl Beef Teriyaki, dan Pingoo Poke Bowl Unagi.

Untuk semangkuk Pingoo Poke Bowl Tuna dan Salmon, Anda bisa menikmatinya dengan harga Rp 75.000. Untuk menu Pingoo Poke Bowl Beef Teriyaki, Anda perlu membayar Rp 80.000 sedangkan untuk Pingoo Bowl Unagi seharga Rp 88.000.

Menu Pingoo Poke Bowl Beef Teriyaki di Pingoo Restaurant.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARYA Menu Pingoo Poke Bowl Beef Teriyaki di Pingoo Restaurant.
Seporsi Poke Bowl terdiri dari nasi yang dibuat menggunakan beras jepang, wakame (rumput laut), potongan wortel dan daikon (lobak putih), katsuyo busi (tongkol yang sudah dikeringkan dan diparut), tobiko (telor ikan terbang), potongan daun bawang, dan ikan tuna, salmon, belut atau daging angus sesuai dengan menu yang Anda pilih. Tak lupa taburan wijen di atasnya.

Ketika menyantap seporsi Poke Bowl, sepintas menu ini mirip dengan sushi, hanya saja tidak berbentuk lingkaran atau dikepal. 

Sebelum menyantap, Anda harus mencampur semua isi menjadi satu untuk bisa merasakan keutuhan rasa Poke Bowl. Saat suapan pertama, akan ada rasa asam yang berasal dari nasi yang diberi shoyu.

Rasa manis dan gurih berasal dari saus  Tamenegi dan Misozuke.

Tak sekadar menikmati seporsi makanan khas Hawaii, Anda juga bisa menghabiskan waktu makan bersama keluarga dan orang terkasih sambil menikmati aksi lucu enam penguin Humbolt yang sedang berenang dan makan di dalam etalase kaca bening.

Dekorasi ruangan dengan dominasi warna putih dan biru serta dekorasi kayu dan interior laut membuat Anda seperti sedang berada di rumah tepi pantai.

Pengaruh Jepang

Poke Bowl merupakan menu khas Hawai i yang sudah ada sejak tahun 1980. Memang ada pengaruh dari orang Jepang, di mana 40 persen masyarakat yang tinggal di Hawaii berasal dari Jepang.

Tidak heran jika Poke Bowl sepintas mirip dengan sushi, hanya saja penyajiannya berbeda.

“Poke Bowl ini asalnya dari Hawaii tahun 1980, ini terdiri ikan dan sayur mentah yang dibumbu terus ada influence dari masakan Jepang karena 40 persen orang Jepang tinggal di sana," jelas Robbiq Verly, Head Chef Restoran Pinggo ketika launching menu Poke Bowl, Rabu (12/9/2018).



Close Ads X