Kompas.com - 14/09/2018, 15:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teh susu tidak hanya berkembang di Indochina atau Asia Selatan. Timur Tengah juga punya sajian serupa, namanya teh adeni.

Adeni merupakan teh susu yang diolah dengan berbegai rempah, sehingga memberikan citarasa hangat dan sedikit pedas.

KompasTravel sempat mencoba mencicipi kesegarannya, sekaligus mencaritahu cara membuatnya di Al Jazeerah Resto, Polonia, Jakarta Timur, Kamis (13/9/2018).

Meski beberapa mengandung rempah Timur Tengah yang dirahasiakan, Heru selaku Chef Bar di Resto Al Jazeerah membeberkan cara praktis membuatnya di rumah dengan komposisi yang sederhana.

Bahan bahan yang dibutuhkan ialah teh hitam. Ia merekomendasikan Teh Goalpara asal Sukabumi. Teh bubuk ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional dan supermarket.

"Karena kita mau ambil pekatnya, teh goalpara cukup pekat," tuturnya kepada KompasTravel di Al Jazeerah Resto, Polonia, Jakarta Timur, Kamis (13/9/2018).

Setelah itu Anda harus mencampurkan krimer cair.  Heru merekomendasikan menggunakan FN Krimer kaleng dari Malaysia yang juga banyak tersedia di pasar-pasar modern.

Untuk rempah, lanjut Heru, menggunakan jahe alami yang diparut atau dihancurkan, kayu manis, dan kapulaga.

"Prosesnya pertama rebus air dulu sampai mendidih, 250 ml, kita pakainya pot kecil. Baru masukkan jahe pertama, yang sudah dihancurkan satu sendok teh," tuturnya.

 Pembuatan teh Adeni di Resto Al Jazeera Polonia, Jakarta Timur, Jakarta, Kamis, (13/9/2018).KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pembuatan teh Adeni di Resto Al Jazeera Polonia, Jakarta Timur, Jakarta, Kamis, (13/9/2018).
Menurut Heru banyaknya rempah yang digunakan, terutama jahe, kembali ke selera Anda. Jika ingin yang hangat dengan sedikit pedas, maka jahe boleh diperbanyak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.