Tips Liburan di Jepang, Jika Barang Hilang Saat Naik Kereta atau Bus - Kompas.com

Tips Liburan di Jepang, Jika Barang Hilang Saat Naik Kereta atau Bus

Kompas.com - 16/09/2018, 11:03 WIB
Kantor lost & foundKARAKSA MEDIA Kantor lost & found

KOMPAS.com - Apakah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan jika Anda kehilangan paspor, dompet, ponsel, kamera, atau benda berharga lainnya saat melakukan perjalanan di Jepang? Kehilangan benda berharga tentu akan membuat wisata Anda terasa tidak menyenangkan.

Jika Anda berencana liburan di Jepang, artikel ini patut Anda simak. Terutama bila Anda berencana melakukan perjalanan selama di Jepang dengan bus atau kereta. Seperti dikutip dari Ohayo Jepang (www.ohayojepang.kompas.com), panduan berikut akan memberikan informasi yang Anda butuhkan jika kehilangan atau melupakan barang saat berada di bus di Tokyo, Jepang. Sebagai contoh adalah layanan Toei Bus.

Sementara itu, panduan lainnya akan memberi tahu Anda apa yang harus Anda lakukan jika Anda berada di situasi kehilangan barang saat naik kereta. Sebagai contoh kasus, kami gunakan sistem Tokyo Metro (yang termasuk rute-rute Ginza Line, Marunouchi Line, Hibiya Line, Tozai Line, Chiyoda Line, Yurakucho Line, Hanzomon Line, Namboku Line, dan Fukutoshin Line).

Kehilangan di Bus

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menelepon pusat pelayanan Toei Transport Customer Center yang mengurus pelayanan seperti ini ((TEL: 03-3816-5700?9:00-20:00). Bahasa mesin penjawab otomatis adalah Bahasa Jepang. Pencet "2" untuk terhubungkan ke jalur yang mengurus kehilangan barang.

Baca selengkapnya dalam artikel: "Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Kehilangan Barang di Bus?".

Kehilangan di Kereta

Jika Anda melupakan atau kehilangan barang saat di sebuah kereta dari Tokyo Metro (yang termasuk rute-rute Ginza Line, Marunouchi Line, Hibiya Line, Tozai Line, Chiyoda Line, Yurakucho Line, Hanzomon Line, Namboku Line, dan Fukutoshin Line) dan masih di hari yang sama dengan Anda kehilangan barang tersebut, coba kunjungi Lost & Found Center (pusat barang hilang) di stasiun terdekat dengan melihat papan tanda.

Baca selengkapnya dalam artikel: "Jika Anda Kehilangan Barang di Kereta".

***

Ohayo Jepang menyediakan informasi mengenai berita-berita wisata dan budaya Jepang. Dalam situs ini, pembaca bisa menemukan berbagai hal terkait Jepang, mulai dari kuliner, tempat-tempat untuk berwisata, tips wisata, hingga informasi belanja seputar suvenir khas Jepang.

Berbeda dengan situs web lainnya, artikel yang disajikan di Ohayo Jepang merupakan informasi otentik dan dikerjakan langsung dari Jepang. Walau begitu, artikel disajikan dengan ringan dan sesuai dengan minat pembaca Indonesia.

Panduan berikut akan memberi tahu Anda apa yang harus Anda lakukan jika Anda berada di situasi tersebut. Sebagai contoh kasus, kami gunakan sistem Tokyo Metro (yang termasuk rute-rute Ginza Line, Marunouchi Line, Hibiya Line, Tozai Line, Chiyoda Line, Yurakucho Line, Hanzomon Line, Namboku Line, dan Fukutoshin Line)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X