Tempe Mendoan Bisa Ditemukan di Seluruh Area Purwokerto, Benarkah?

Kompas.com - 18/09/2018, 08:05 WIB
Suasana penggorengan mendoan dalam pemecahan rekor dunia di Purwokerto, Sabtu (25/8.2018). Dok. PenyelenggaraSuasana penggorengan mendoan dalam pemecahan rekor dunia di Purwokerto, Sabtu (25/8.2018).


JAKARTA, KOMPAS.com – Mencari tempe mendoan di Purwokerto dan Banyumas, Jawa Tengah tidaklah sulit.

Tempe mendoan sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Karesidenan Banyuwas. Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas, Suwondo Geni mengatakan bahwa tempe mendoan bisa ditemukan di mana saja saat di Purwokerto.

“Kalau tempe mendoan ini kan dinikmati setiap saat oleh masyarakat di sini. Tidak mengenal waktu, setiap saat makan tempe mendoan pasti nikmat. Jadi bisa ditemukan di mana saja,” ujar Suwondo kepada KompasTravel saat dihubungi, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, tempe mendoan ini sangat cocok bila dimakan sambil menyeruput teh atau kopi.

Oleh karena itu, para pendatang tak perlu bingung mencari tempe mendoan. Mulai dari restoran, rumah makan, tempat wisata, hingga warung pinggir jalan pasti menyediakan tempe mendoan khas Purwokerto.

“Mulai dari perkotaan sampai pedesaan, di restoran sampai warung pinggi jalan pasti jual tempe mendoan khas Purwokerto. Tempe mendoan juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Purwokerto,” kata dia.

Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh tempe mendoan, disarankan Suwondo membelinya di pusat oleh-oleh Sawangan, Purwokerto.

Bedanya tempe mendoan untuk oleh-oleh biasanya masih mentah, tetapi akan diberikan bumbu dan saus agar bisa langsung digoreng di rumah.

Selain itu juga pada pengemasannya yakni dibungkus dengan daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan besek yang berasal dari anyaman bambu.

Besek ini dipilih karena membuat tempe lebih awet ketimbang menggunakan dus biasa. Tempe mendoan, lanjut Suwondo, biasanya hanya tahan sekitar dua hari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X