Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempe Mendoan Bisa Ditemukan di Seluruh Area Purwokerto, Benarkah?

Kompas.com - 18/09/2018, 08:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Mencari tempe mendoan di Purwokerto dan Banyumas, Jawa Tengah tidaklah sulit.

Tempe mendoan sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Karesidenan Banyuwas. Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas, Suwondo Geni mengatakan bahwa tempe mendoan bisa ditemukan di mana saja saat di Purwokerto.

“Kalau tempe mendoan ini kan dinikmati setiap saat oleh masyarakat di sini. Tidak mengenal waktu, setiap saat makan tempe mendoan pasti nikmat. Jadi bisa ditemukan di mana saja,” ujar Suwondo kepada KompasTravel saat dihubungi, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, tempe mendoan ini sangat cocok bila dimakan sambil menyeruput teh atau kopi.

Oleh karena itu, para pendatang tak perlu bingung mencari tempe mendoan. Mulai dari restoran, rumah makan, tempat wisata, hingga warung pinggir jalan pasti menyediakan tempe mendoan khas Purwokerto.

“Mulai dari perkotaan sampai pedesaan, di restoran sampai warung pinggi jalan pasti jual tempe mendoan khas Purwokerto. Tempe mendoan juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Purwokerto,” kata dia.

Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh tempe mendoan, disarankan Suwondo membelinya di pusat oleh-oleh Sawangan, Purwokerto.

Bedanya tempe mendoan untuk oleh-oleh biasanya masih mentah, tetapi akan diberikan bumbu dan saus agar bisa langsung digoreng di rumah.

Selain itu juga pada pengemasannya yakni dibungkus dengan daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan besek yang berasal dari anyaman bambu.

Besek ini dipilih karena membuat tempe lebih awet ketimbang menggunakan dus biasa. Tempe mendoan, lanjut Suwondo, biasanya hanya tahan sekitar dua hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com