Rendang dan Udang Bumbu Bali Paling Diminati di Seoul

Kompas.com - 18/09/2018, 14:16 WIB
Rendang, makanan favorit di Restoran Padang.
 KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANRendang, makanan favorit di Restoran Padang.

ANTARA, KOMPAS.com - Rendang dan udang bumbu Bali dari sekian menu Indonesia yang disajikan ternyata paling banyak diminati pengunjung La Seine Restaurant, restoran bintang 5 di Seoul, Korsel, tempat digelarnya Festival Kuliner Indonesia dari 9 hingga 15 September 2018.

Pensosbud KBRI Seoul Purno Widodo kepada Antara London, Senin (17/9/2018), mengatakan festival juga berhasil menarik lebih dari 6.000 pengunjung selama kurun waktu tersebut.

Banquet Manager Lotte Hotel Seoul, Daniel Song tempat La Seine Restaurant berada, mengatakan biasanya pengunjung restoran harian rata-rata hanya berjumlah 250 orang.

Baca juga: Mengintip Tanah Abang-nya Korea Selatan yang Dikunjungi Jokowi

Ahli kuliner Indonesia, William Wongso beserta dua asistennya secara khusus didatangkan untuk kegiatan yang didukung Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI Seoul ini.

William Wongso dan tim menyiapkan menu-menu Indonesia untuk sarapan dan makan malam selama festival, antara lain lontong cap go meh, soto ayam, selada bangka, ikan goreng dabu-dabu, rendang, udang bumbu bali dan nasi goreng kampung. Sementara untuk pencuci mulut disediakan kolak, cendol dan carang gesing.

Baca juga: Dubes Korea Sebut Akan Permudah Visa bagi Turis Indonesia

Selain itu, menu dari tempe seperti sayur lodeh dan tempe goreng juga disajikan. Tempe saat ini bukan lagi barang asing di Korea Selatan.

Salah satu sudut kota Seoul, Korea Selatan.Bernardus Djonoputro Salah satu sudut kota Seoul, Korea Selatan.
Pasangan artis Korsel yaitu Seok Young Oh dan Hong Seok yang mempopulerkannya. Sebelumnya, pasangan artis tersebut belajar membuat tempe dari pengusaha tempe Indonesia di Jepang bernama Rustono.

Kini pasangan artis tersebut telah membuat tempe di daerah Taean dengan produksi lebih dari 500 bungkus per harinya.

Dubes RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi mengatakan Festival kuliner Indonesia ini diselenggarakan bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan pada 9-11 September 2018.

"Restoran tempat diselenggarakannya festival adalah restoran di hotel yang juga menjadi tempat menginap Presiden RI," ujarnya.

Masyarakat Korea Selatan menggemari makanan dengan cita rasa pedas. Makanan Indonesia yang lebih kaya akan bumbu sangat mengena di lidah orang Korea Selatan.

Tidaklah heran jika makanan rendang dan udang bumbu bali menjadi favorit selama festival.

Presiden Joko Widodo saat menyusuri Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9/2018). (Dok: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)KOMPAS.com/Devina Halim Presiden Joko Widodo saat menyusuri Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9/2018). (Dok: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)
William Wongso menceritakan pengalamannya tiga tahun lalu saat mengikuti festival yang sama di Seoul.

"Sekitar tiga tahun lalu orang Korea tidak menyukai cita rasa rendang, namun sekarang mereka sangat menyukainya," ujarnya.

Untuk menarik pengunjung, di akhir festival diadakan penarikan undian. Sejumlah hadiah menarik seperti suvenir tradisional khas Indonesia, vocer makan malam di restoran di Lotte Hotel, serta hadiah utama dua tiket pulang pergi ke Bali diberikan kepada pengujung yang beruntung.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X