Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2018, 08:14 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Negara penikmat nasi mengenal berbagai olahan nasi gurih. Misalnya di Indonesia terkenal dengan nasi uduk, Malaysia terkenal dengan nasi lemak, sedangkan Singapura terkenal dengan nasi hainan.

Di Indonesia, nasi hainan juga tidak asing bagi masyarakat Tionghoa.

"Nasi hainan ini nasi gurih yang dimasak dengan minyak ayam, kaldu ayam, jahe, dan daun pandan," kata Head Chef Wee Nam Kee, Dede Mulyana sata ditemui di Mal Grand Indonesia, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Sama-sama Menggiurkan, Ini Beda Nasi Pindang, Rawon, dan Nasi Gandul

Jenis beras yang cocok untuk dimasak ala hainan, menurut Dede, adalah beras yang ketika dimasak tidak pulen, tetapi juga tidak terlalu pera.

"Kalau di Wee Nam Ke jenis beras yang digunakan adalah long grain (bulir panjang). Kalau memang berasnya bagus, bisa langsung dimasak pakai rice cooker," kata Dede.

Baca juga: Perbedaan Nasi Mandi, Kabsah, dan Biryani Khas Timur Tengah

Rasa nasi hainan gurih tanpa perlu menggunakan penyedap karena didominasi oleh rasa kaldu ayam. Rasa nasinya juga ringan lantaran tidak ada santan, jadi menyantap nasi hainan sangat cocok dengan kuah bening dan lauk seperti ayam rebus.

Di Singapura, nasi hainan umumnya dijual dengan lauk ayam rebus atau ayam celup bumbu yang digoreng. 

"Kalau nasi hainan lebih cepat basi dari nasi putih karena banyak bumbu dan minyak. Makanya kalau di restoran hanya untuk sehari saja," kata Dede. 

Nasi hainan mirip dengan mananya berasal dari Hainan, China kemudian menyebar ke berbagai daerah khususnya Asia Tenggara seiring perantauan orang Tionghoa.

Jika ingin mencari nasi hainan dengan cita rasa seperti di Singapura, Restoran Wee Nam Kee dapat menjadi pilihan. Sebab restoran ini merupakan waralaba dari restoran Wee Nam Kee pusat di Singapura.

Dede menyebutkan ada bumbu rahasia tambahan yang ditambahkan untuk nasi hainan, ayam rebus, dan ayam panggang.

Harga paket nasi hainan dan ayam rebus atu panggang potong Rp 55.000, sudah termasuk sup dan teh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com