Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival Siap Digelar

Kompas.com - 19/09/2018, 17:17 WIB
Citra Fany Samparaya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar ajang Wonderful Indonesia Culinary dan Shopping Festival (WICSF) untuk ketiga kalinya.

Ajang ini diselenggarakan di seluruh pusat belanja di Indonesia selama satu bulan, mulai 27 September - 27 Oktober 2018 dengan berbagai penawaran diskon.

WICSF 2018 akan secara resmi dibuka di Beachwalk Shopping Center, Bali, pada 27 September yang bertepatan dengan hari pariwisata dunia.

Akan ada 150 mall yang berpartisipasi di 12 DPD dengan 20 provinsi, yaitu Jakarta, Pekanbaru, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istemewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Timur.

Diharapkan dari acara ini jumlah transaksi naik 80 persen dari tahun lalu sebesar Rp 1,3 triliun per bulan di setiap mall selama pelaksanaan.

“Transaksi di setiap daerah kan berbeda-beda. Semakin ke jakarta transaksi semakin besar. Diharapkan tahun ini kenaikannya 80 persen dari tahun lalu sebesar Rp 1,3 triliun per bulan setiap mall selama pelaksanaan,” jelas Stefanus Ridwan S., Ketua Umum DPP APPBI dalam konferensi pers WICSF di Balairung Soesilo Soedirman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta (18/9/2018).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik acara ini dan berharap acara yang masuk ke dalam 100 Calendsr of Event Kemenpar ini dapat terus dilaksanakan untuk menggairahkan sektor pariwisata.

“Acara tahunan WICSF 2018 merupakan sebuah ajang menarik yang dipetakan secara strategis guna mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata, yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara dari negara tetangga terdekat," ujar Arief.

Ajang ini juga berdampak untuk pelaku UMKM sehingga terus menghasilkan produk yang berkualitas. Mulai dari kain, pakaian batik, tenun, hingga produk kerajinan.

“Dengan menjalin kerjasama yang lebih erat dengan Kemenpar serta berbagai pemangku kepentingan industri pariwisata, WICSF dapat menjual pengalaman belanja dan kuliner menarik sambil mendukung perkembangan UMKM serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak lebih luas lagi,” tutup Stefanus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com