Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Bingata, Kimono Khas Okinawa yang Terpengaruh Batik Indonesia

Kompas.com - 19/09/2018, 20:21 WIB
Sabrina Asril,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

NAHA, KOMPAS.com - Ada yang khas dari bingata, kimono khas Okinawa, Jepang. Warna yang colorful serta corak yang lebih besar dan variatif menjadi ciri khasnya.

Coraknya tak hanya bunga sakura seperti kimono pada umumnya. Motif tumbuhan hingga binatang mempercantik kain kimono dari Okinawa ini.

Sekilas, kamu akan merasa familiar melihat Bingata itu. Yap, motifnya mirip sekali dengan gaya batik pesisir Jawa. Adakah kaitannya batik Indonesia dengan Bingata Okinawa?

Ternyata ada.

Pemandu wisata, Ai Munakatta, mengungkapkan pengaruh itu muncul saat transaksi dagang antara orang Okinawa dan orang Indonesia pada abad ke-15. Orang Indonesia datang ke Okinawa yang menjadi salah satu jalur perlintasan jalur sutra.

Pada saat itu, sistem barter masih populer dilakukan. Orang Indonesia kerap menggunakan kain batik sebagai alat barter. Kain batik ini yang kemudian mempengaruhi motif kimono yang ada di Okinawa.

"Terutama kalau lihat ada motif bunga-bunga yang agak besar, ini dari Indonesia. Jadi banyak persamaannya batik Indonesia dengan kimono Okinawa," ujar Ai.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pergi ke Okinawa Jepang

Tak hanya motif, pengaruh lainnya yang dibawa pedagang Indonesia juga sampai ke teknik pembuatan bingata layaknya membuat batik celup.

Untuk teknik pewarnaannya, bingata Okinawa menggunakan material dari alam seperti kapur tanah atau bubuk kerang untu warna putih. Sementara warna lainnya bisa memggunakan material dari alam Okinawa seperti cochineal, vermilion, arsen, dan sulfur.

Kasta dalam bingata

Kostum bingata kerap digunakan dalam acara-acara formal kerajaan, kostum menari, hingga kostum bagi utusan raja. Bingata biasa digunakan keluarga raja, bangsawan, hingga rakyat biasa. Namun, ada perbedaan warna dan corak antara kasta-kasta itu.

Warna kuning dengan motif besar dan lebih berani biasanya digunakan oleh keluarga raja. Sementara warna biru digunakan oleh kaum bangsawan. Rakyat biasa menggunakan bingata dengan motif yang sederhana dan warna yang lebih pucat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com