Kompas.com - 19/09/2018, 22:07 WIB
Ilustrasi bandara Thinkstockphotos.comIlustrasi bandara

KOMPAS.com - Sekitar 10 persen dari benda yang Anda sentuh di bandara mengandung kuman. Benda yang paling berkuman adalah benda yang tak bisa Anda hindari.

Nampan di area pemeriksaan keamanan dengan metal detector merupakan benda paling berkuman di bandara. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan BMC Infectious Diseases seperti dikutip dari situs Travelandleisure.com.

Tim riset dari University of Nottingham dan Finnish National Institute for Health and Welfare  menyeka berbagai benda di bandara Helsinki-Vantaa untuk mengidentifikasikan tempat dan barang yang paling berkuman di bdanra.

Nampan di area pemeriksaan keamanan memilki jumlah bakteri tertinggi. Namun, tak hanya nampan ini, beberapa area berisiko tinggi adalah area dekat kasir di toko, sepanjang pegangan tangga, loket tempat check-in, hingga area bermain anak.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Kembali Raih Bandara Terbaik di Dunia Versi ACI

Virus yang paling umum ditemukan adalah rhinovirus yang bisa menyebabkan flu. Untuk melawan kuman yang bertebaran di bandara, tim riset tersebut menyarankan untuk selalu mencuci tangan dengan benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orang-orang bisa meminimalisir penularan dengan cuci tangan secara higienis dan batuk ke sapu tangan atau tisu, lakukan setiap saat terutama jika berada di tempat umum," ungkap Jonathan Van Tam, profesor proteksi kesehatan dari universitas tersebut dalam sebuah pernyataan.

Hal sederhana ini, lanjutnya, dapat mencengah pandemi. Selain itu, pencegahan tersebut penting dilakukan di area-area dengan banyak orang seperti bandara. Apalagi bandara merupakan tempat orang-orang bepergian dari dan ke berbagai tempat di dunia.

Nampan di tempat umum tergolong benda yang mudah "mengumpulkan" kuman, baik di bandara maupun di pesawat. Dalam sebuah studi pada tahun 2015 ditemukan bahwa meja nampan di pesawat mengandung bakteri terbanyak di kabin pesawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.