Menikmati Matahari Terbenam di Kebun Bunga Matahari Serpong

Kompas.com - 21/09/2018, 08:10 WIB
Wisatawan berfoto dengan bunga matahari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAWisatawan berfoto dengan bunga matahari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).

TANGERANG, KOMPAS.com - Jauh dari riuh ramai kemacetan Ibu Kota, saat itu senja menyapa di tengah ladang bunga matahari. Untuk menikmati keindahannya, Anda tidak perlu jauh-jauh dari Jakarta untuk mencarinya.

Sekitar 45 menit dari Jakarta, terdapat satu taman alam seluas lima hektar yang di dalamnya terdapat kebun-kebun kecil, salah satunya kebun bunga matahari.

Kebun bunga matahari itu ada di Arumdalu Farm, yang ada di kawasan Scientia Square Park, Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

"Kalau dulu kan perkebunan bunga matahari paling deket di Yogyakarta, atau Bandung ya, sekarang 45 menit aja dari Jakarta," tutur Albert Arron Pramono, CEO Arumdaliu Farm saat media visit bersama Kaum Resto, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Serunya Panen Sayur hingga Bunga Matahari di Dekat Jakarta

Di Arumdalu Farm seluas 2.500 meter persegi, tidak hanya kebun bunga matahari saja, Anda bisa belajar bercocok tanam dengan tetap instagramable, karena aneka tanaman sayur dan bunga di sini tertata sedemikian cantik dan rapi.

Suasana kebun bunga matahari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana kebun bunga matahari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).
Namun yang favorit memang bunga mataharinya. Ada ratusan bunga matahari di sini yang ditanam secara periodik, agar setiap waktu ada yang mekar.

"Secara keseluruhan dari pembibitan, bunga matahari itu usianya tiga bulan, kalau mekarnya paling sebulan aja," ujar Albert.

Saat KompasTravel ke sana, usia mekar bunga matahari baru dua minggu, artinya waktu mekarnya tinggal satu minggu lagi. Setelah itu kelompok bunga matahari lain yang giliran mulai mekar.

Baca juga: 4 Alasan Menghadiri Festival Bunga Tomohon Tahun Ini

Besarnya bunga matahari di sini bermacam-macam, ada yang diameter kelopaknya hanya lima centimeter, tetapi ada juga yang mencapai 20 centimeter. Menurut Albert besaran tersebut tergantung bibit, kondisi alam, hingga pupuknya.

Ia sendiri masih terus meneliti bersama Arumdalu Lab, bagaimana memberlakukan bunga matahari dengan cara terbaik, sehingga menghasilkan bunga-bunga yang juga terbaik.

Seketika warna orange pun mulai mendominasi langit Serpong sore itu. Waktu inilah yang terbaik untuk berfoto, selain karena teduh, paduan warna warni kebun, bunga, dan langit saat itu begitu indah terlihat di frame kamera.

Suasana sore hari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana sore hari, di Arumdalu Farm di Scientia Park, Serpong salah satu wisata agro di dekat Jakarta, Selasa (18/9/2018).
Tidak sepi memang, banyak kaum milenial pemburu foto berdatangan dari Serpong, dan Jakarta. Mereka tentunya ingin memanfaatkan keindahan bunga yang sedang mekar tersebut.

"Ya tahu dari medsos ada bunga matahari di sini, nggak jauh. Keren, apalagi background rumahnya," tutur Astrid, wisatawan asal Tangerang kepada KompasTravel.

Cara terbaik berfoto di kebun bunga ini ialah dengan menggunakan bunga sebagai foreground atau latar depan, tidak hanya latar belakang. Anda akan terlihat berada di tengah lebatnya perkebunan bunga matahari tersebut.

Bagi Anda yang mau merasakan keseruan panen hingga pesona kebunnya yang instagramable, bisa datang mulai pukul 09.00-21.00 WIB, dengan tiket masuk Scientia Square Park Rp 50.000 di akhir pekan, Rp 25.000 di hari kerja.

Sedangkan pelajar dan mahasiswa bisa menikmati diskon hanya Rp 5.000 untuk masuk di hari kerja, dengan menunjukan kartu pelajar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X