Kompas.com - 21/09/2018, 13:19 WIB
Salah satu menu sajian dari The Holy Crab The Holy Crab.dokSalah satu menu sajian dari The Holy Crab

JAKARTA, KOMPAS.com –  Masyarakat Indonesia tentu suka olahan kepiting. Dari lokal hingga impor, kepiting biasa diolah menjadi beragam makanan menggugah selera.

Namun sebelum mengonsumsinya, Anda bisa mengetahui apakah kepiting dalam kondisi baik atu tidak.

Chef dari gerai The Holy Crab, Iwan Bedjo Sulaiman,membeberkan beberapa cara untuk memastikan kondisi kepiting yang sudah matang.

“Pertama yang bisa dicek adalah dari bau kepiting itu sendiri,” kata Chef Iwan beberapa waktu lalu.

Kepiting yang digunakan dalam menu hidangan di The Holy Crab. KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Kepiting yang digunakan dalam menu hidangan di The Holy Crab.

Ia menjelaskan, untuk kepiting lokal ada bau yang menjadi ciri khasnya. Sementara bila Anda mencium bau tak sedap atau bau busuk ketika akan konsumsi kepiting, tandanya kepiting kurang bagus.

“Intinya baunya seperti bau busuk. Kalau bau amis bukan berarti kepiting tidak bagus. Terkadang memang kepiting yang masih bagus juga berbau amis,” kata dia.

Chef Iwan juga menyebutkan, bagus atau tidaknya kualitas kepiting dapat dilihat dari dagingnya, apakah padat atau kopong. Kepiting dengan kondisi bagus tentunya memiliki daging yang padat.

Terakhir, kualitas kepiting bisa terasa pada rasanya. Anda bisa merasakan dan memastikan bahwa rasanya tidak berubah. Tekstur dari kepiting tidak menentukan kepiting tersebut segar atau tidak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X