Kompas.com - 21/09/2018, 21:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bila Anda liburan ke Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah maka salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan adalah Baturraden.

Destinasi ini juga merupakan salah satu andalan wisata Purwokerto. Wisatawan pun bisa menikmati berbagai macam wisata alam dan atraksi wisata lainnya.

“Baturraden ya salah satu andalan ka,o. Di obyek wisata Baturraden, wisatawan bisa menikmati keindahan alam seperti air terjun, sungai, pemandangan alam, tumbuh-tumbuhan juga bisa foto-foto di sana,” ujar Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas, Suwondo Geni kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Saat Anda berkunjung ke sana, bisa menikmati sejuknya udara di Kebun Raya Baturraden. Anda pun disambut dengan pepohonan tinggi nan rimbun. Terdapat ragam spesies binatang dan tumbuhan.

“Lalu juga ada ragam miniatur dunia yang bisa dilihat di Baturraden,” kata Suwondo.

Miniatur dunia ini ada dalam Samll World Baturraden. Di mana terdapat miniature patung selamat datang Bundaran HI, Merlion Singapura, Patung Liberty.

Miniatur Menara Eiffel di Small World Baturraden, Jalan Raya Ketenger, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO Miniatur Menara Eiffel di Small World Baturraden, Jalan Raya Ketenger, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Ada miniature Opera House Australia, Menara Miring Pisa, Colosseum di Roma Italia, Taj Mahal India, Menara Eiffel Perancis, Tower Bridge di Inggris dan masih banyak miniatur bangunan dari negara lain.

Suwondo juga mengatakan masih ada wisata lainnya seperti curug atau air terjun, kemudian pancuran air hangat yang mengandung belerang, hingga arung jeram.

Wana wisata Baturraden merupakan kawasan wisata yang berada di sebelah timur Lokawisata.

Sepeda layang atau flying bike merupakan wahana baru di wanawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp 20.000 untuk menikmati wahana itu.TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI Sepeda layang atau flying bike merupakan wahana baru di wanawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp 20.000 untuk menikmati wahana itu.

Di wanawisata Baturraden terdapat beragam fasilitas seperti wisma, vila, camping ground, downhill track, area outbound, balai pertemuan serta lainnya.

Obyek wisata andalan di kawasan wanawisata diantaranya Kebun Raya Baturraden, Pancuran 7, Pancuran 3, dan Telaga Sunyi.

Terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah mencicipi kuliner khas yang ada di Baturraden yakni pecel dan tempe mendoan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.