Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2018, 13:14 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Film Crazy Rich Asian yang menceritakan kehidupan glamour etnis Tionghoa di Asia. Selain menceritakan kisah romantis hubungan Nick dan Rachel, juga mengenalkan budaya dan kuliner khas Singapura.

Bahkan, ada beberapa adegan yang menampilkan kuliner dari cara masak hingga penyajian. Tidak hanya itu, ditampilkan juga Nick, Rachel, Colin dan Araminta yang berburu kuliner di Newton Food Centre ketika sampai pertama kali di Singapore.

Berikut ini, kuliner Crazy Rich Asian yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Singapura.

1. Sate

Dalam adegan di film Crazy Rich Asian, sate menjadi salah satu kuliner yang dinikmati oleh Nick, Rachel, Araminta, Colin ketika pertama kali tiba di Singapura.

Ketika berkunjung ke Singapura, Anda bisa mencoba sate di Newton Food Centre yang terkenal dengan olahan sate lezat di Singapore, salahsatunya TKR Satay.

Tak hanya disajikan dengan daging ayam, sapi, kambing, babi juga bisa dinikmati dengan saus kacang.

Chilli Crab.DOK. Shangri-La Hotel Jakarta Chilli Crab.
2. 
Chili Crab

Chili crab menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Singapura. Untuk menikmati olahan kepiting ini, Anda bisa menikmatinya di Alliance Seafood dan Sign Board Seafood.

Menu ini terdiri dari kepiting yang dimasak dengan saus asam manis dengan sedikit pedas lalu ditambahkan telur.

Kue basah khas Indonesia, yang menjadi hidangan penutup hidangan Nusantara.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kue basah khas Indonesia, yang menjadi hidangan penutup hidangan Nusantara.
3. 
Nyonya Kueh

Nyonya kueh merupakan salah satu makanan manis yang ditampilkan dalam adegan Crazy Rich Asian.

Nyonya kueh adalah istilah masyarakat peranakan yang ditujukan untuk segala makanan manis yang berukuran kecil. Di Indonesia, nyonyah kueh ini dikenal dengan jajanan basah seperti kue lapis legit.

4. Carrot Cake

Carrot cake merupakan kue yang dibaluri adonan telur yang sudah diberi bumbu, ditambah dengan potongan wortel kecil. Anda bisa mencoba cake ini di Newton Food Centre.

Nasi Ayam Hainan.
KOMPAS.COM/MEI LEANDHA Nasi Ayam Hainan.
5. 
Omelet Tiram

Omelet tiram terdiri dari seporsi telur goreng yang ditambah potong tiram menjadi menu yang tak kalah nikmat untuk diincip ketika berkunjung ke Singapura.

Dalam film Rachel, Nick, Colin, Araminta menyicipi hidangan ini di Newton Food Centre.

 6. Nasi Ayam Hainan

Kuliner Ayam Hainan terdiri dari nasi hainan yang dimasak dengan campuran kaldu ayam, lemak ayam, jahe, dan daun pandan dipadukan dengan ayam rebus dan ayam panggang yang bertekstur lembut.

Di Singapore, menu ini bisa ditemui diberbagai pujasera, salahsatunya di Newton Food Centre. 

Salah satu menu Dimsum di kantin Islamic Center, Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Road, di daerah Wan Chai, Hongkong.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu menu Dimsum di kantin Islamic Center, Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Road, di daerah Wan Chai, Hongkong.
7. Dimsum

 

Makanan ini cukup special dalam film ini, bagaimana tidak jika terdapat scene khusus di mana menampilkan Rachel, Nick dan anggota keluargannya sedang membuat dimsum.

Dalam film, orangtua mengajarkan anak-anaknya membuat dimsum dan berharap tradisi membuat makanan ini dapat diteruskan ke generasi selanjutnya.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com