4 Agenda Perayaan Musim Gugur di Hong Kong

Kompas.com - 24/09/2018, 21:06 WIB
Dragon Fire Dance, Hong Kong HKTBDragon Fire Dance, Hong Kong

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi wisatawan yang hendak ke Hong Kong dalam waktu dekat, jangan lewatkan Festival Pertengahan Musim Gugur. Festival ini salah satu festival yang paling terkenal di Hong Kong yang berlangsung mulai 24 September (hari ke-15 dari bulan ke-8 pada Kalender Lunar Tionghoa).

Dikutip dari siaran pers Hongkong Tourism Board, pada KompasTravel Kamis (20/9/2018), perayaan ini telah berkembang menjadi upacara penyembahan bulan menjelang panen musim gugur. Fstival ini memperlihatkan tradisi Hong Kong yang sudah berlangsung sejak lama.

Lewat festival ini, pengunjung dapat menyaksikan kota yang menjadi hidup dengan agenda menarik seperti Century-Old Fire Dragon Dance yang berputar mengelilingi Tai Hang, lampion yang menyinari langit malam. Anda juga bisa melihat instalasi “Moon Rabbit Lumiere” karya seniman Australia, Amanda Parer yang menghiasi sepanjang kota untuk pertama kalinya.

Berikut dua agenda besar Hong Kong sepanjang musim gugur, yaitu:

 

Sebagai penghormatan terhadap Festival Pertengahan Musim Gugur, sejak zaman dulu para penduduk Tai Hang berkumpul untuk melakukan Tarian Naga Api Tai Hang selama tiga hari. Ritual adat ini juga masuk dalam Daftar Nasional Warisan Budaya Takbenda Tiongkok pada tahun 2011.

Tradisi ini diperkirakan telah muncul sejak abad ke-19 atau sekitar sewaktu munculnya taifun dan wabah penyakit yang menghancurkan Tai Hang.

Dengan mengarak sebuah naga yang terlihat ganas, para penduduk percaya bahwa mereka mampu mengusir roh jahat dan nasib buruk. Prosesi tersebut akan diiringi dentuman drum, gong, dan dupa.

Sebanyak hampir 300 peserta akan membawa naga sepanjang 67 meter yang tertutup dalam hio bercahaya di sepanjang jalan.

Salah satu hal unik dari naga ini ialah bagian kepalanya yang seberat 70 kilogram, terbuat dari lembaran logam, jerami dan rotan dengan dua obor elektrik sebagai mata.

Tahun ini, acara Tai Hang Fire Dragon Dance diselenggarakan 23-25 September 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X