Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2018, 08:48 WIB
Muhlis Al Alawi,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com — Berburu kuliner lezat di kota kelahiran Presiden Jokowi seperti tiada habisnya. Kota budaya yang kaya akan tradisi tradisional yang masih terjaga rupanya menyimpan banyak aneka kuliner yang siap menggoyang lidah Anda bila berkunjung di Kota Solo, Jawa Tengah.

Aneka kuliner masakan Solo yang terkenal khas dan murah menjadikan banyak orang berburu saat musim liburan tiba. Bukan saat liburan saja, beberapa kuliner legendaris yang sejak dulu kala sudah ada tak pernah sepi akan pembeli.

Baca juga: Menikmati Kupat Lodoh di Jajanan Malam Desa Olehsari Glagah Banyuwangi

Dari aneka kuliner yang ada, tahu kupat menjadi salah satu makanan khas Kota Solo. Dan, salah satu warung tahu kupat yang legendaris di Solo adalah Tahu Kupat Pak Gombloh yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No 62, Laweyan, Kota Solo.

Saban hari, warung tahu kupat besutan Pak Gombloh tak pernah sepi pembeli dari mulai buka pukul 06.00 hingga tutup pukul 15.00 WIB.

Pelayan tahu kupat Pak Gombloh di Solo, Jateng, menyiapkan racikan makanan untuk disuguhkan kepada pembeli. KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI Pelayan tahu kupat Pak Gombloh di Solo, Jateng, menyiapkan racikan makanan untuk disuguhkan kepada pembeli.
Ramainya warung tahu kupat Pak Gombloh bukan tanpa sebab. Selain rasa yang lezat, harga murah menjadikan tahu kupat Pak Gombloh menjadi buruan warga.

Baca juga: Kupat Tahu Petis yang Dicicip Jokowi, Hidangan Bandung yang Cukup Populer

Satu piring tahu kupat berisi irisan tahu berbentuk dau kecil-kecil, potongan kupat, tauge, mi kuning, sayur kol, kacang goreng, taburan daun seledri, potongan bakwan plus kuah kecap yang kental hanya Rp 6.500. Murah bukan?

Sedangkan untuk minuman ada pilihan teh hangat, es teh, jeruk hangat, es jeruk, es lemon tea dan lemon tea hangat. Harga minumannya pun tak mahal, segelas es jeruk hanya Rp 3.500 dan es teh Rp 2.500.

Para penikmat kuliner menyantap Tahu Kupat Pak Gombloh di Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI Para penikmat kuliner menyantap Tahu Kupat Pak Gombloh di Solo, Jawa Tengah.
Meski harga murah, kelezatan sepiring tahu kupat besutan Pak Gombloh tetap terjaga. Sejak buka usaha tahu kupat mulai tahun 1973, cita rasanya tetap konsisten hingga saat ini.

Baca juga: Kupat Tahu Gempol Legendaris yang Rasanya Jempolan

Kekentalan kuah kecap, kuah air bawang dan tahunya yang panas saat disajikan menjadi ciri khas keunggulan tahu kupat Pak Gombloh.

Dengan demikian, rasa tahu kupat Pak Gombloh yang enak, manis dan gurih menjadi santapan yang cocok bagi perut Anda yang hobi berburu kuliner. Andapun dipastikan akan ketagihan hingga melahap seluruh sajian sampai kuahnya ludes sampai tetes terakhir.

Bagi kuliner pecinta rasa pedas, Anda bisa meminta beberapa tambahan cabe sesuai selera. Tak hanya itu, untuk menambah kenikmatan bersantap tahu kupat tersedia pula kerupuk khas kota Solo.

Dari pinggir jalan, warung Tahu Kupat Pak Gombloh di Solo, Jateng, yang penuh dipadati pengunjung. KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI Dari pinggir jalan, warung Tahu Kupat Pak Gombloh di Solo, Jateng, yang penuh dipadati pengunjung.
Bila ingin menikmati agak santai, disarankan datang ke warung tahu ini pagi hari. Pasalnya bila jam makan siang tiba, pembeli harus rela antre untuk mendapatkan tempat duduk. Apalagi Warung Pak Gombloh hanya menyediakan beberapa meja kayu panjang plus kursi panjang.

Untuk mencapai lokasi warung Tahu Kupat Pak Gombloh tidaklah susah. Bagi Anda yang sudah ramah dengan aplikasi Android, sudah bisa ditemukan di mesin pencarian google. Lokasi, alamat dan petanya sudah lengkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com