Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bisa Berenang Jaminan Bisa "Diving"?

Kompas.com - 25/09/2018, 17:40 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - SCUBA Diving atau menyelam menggunakan alat merupakan salah satu keahlian yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan alam bawah laut Indonesia. Namun untuk mencobanya butuh lisensi khusus dari badan sertifikasi resmi diving.

Anda bisa mengambil kursus lisensi tersebut di banyak tempat, dalam jangka waktu beberapa bulan, tergantung kemahiran. Menurut Satrio Pratomo, Instruktur dari National Association of Underwater Instructor (NAUI) tidak jarang muridnya ada yang bisa diving hanya dalam waktu seminggu.

“Latihannya memang harus displin, karena kita menggunakan alat dan melakukan sesuatu yang di luar kehidupan normal kita. Jika serius, maka bisa langsung terjun ke lapangan dalam waktu seminggu, meskipun ada juga yang sebulan atau dua bulan,” ujar Satrio kepada KompasTravel saat ditemui di Kolam Sepolwan, Jakarta Kamis (20/9/2018).

Cepat atau tidaknya orang dikarenakan proses belajar yang disiplin dan keseriusan. Sedangkan yang sudah punya keahlian renang tidak menjamin langsung bisa diving.

Penyelam sedang menyelam di perairan di sekitar pulau Apo, Filipina, di selatan ibu kota Manila.EPA via SCMP Penyelam sedang menyelam di perairan di sekitar pulau Apo, Filipina, di selatan ibu kota Manila.
Menurutnya, olahraga diving juga diperuntukkan untuk para pemula yang tidak bisa berenang. Hal tersebut lantaran berenang dan diving adalah sesuatu hal yang berbeda.

"Berenang kegiatan di atas air, menyelam kegiatan di bawah air dan hidup di dalam air, meski dengan jangka waktu yang pendek. Bisa berenang tidak ada hubungannya dengan bisa menyelam atau sebaliknya. Menyelam perlu pelatihan khusus," tuturnya.

Sisi lainnya yang tidak ada dalam renang ialah manajemen ketenangan, tindakan respon, yang harus dilatih dalam kelas maupun di alam langsung.

Ia juga menerangkan jika teknik-teknik dasar renang dan Scuba Dive jauh berbeda. Alat yang digunakan penyelam bisa membantu untuk mengapung dan tenggelam, sedangkan perenang lebih fokus ke atas permukaan air.

Seseorang sedang belajar diving, dalam tahapan Try Scuba Dive.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Seseorang sedang belajar diving, dalam tahapan Try Scuba Dive.
Hanya saja, menurutnya orang yang biasa berenang punya percaya diri yang lebih karena sudah biasa di air.

"Bahkan ada yang fobia dengan air pun akhirnya sekarang jadi penyelam yang baik. Motovasi dan keinginan untuk menyelam itu yang harus besar," pungkasnya yang telah tujuh tahun menjadi instruktur selam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com