Alasan Lain ke Thailand, Wisata Kesehatan Termasuk Operasi Plastik

Kompas.com - 28/09/2018, 08:01 WIB
Malam hari  di Kota Pattaya, Thailand dapat menemukan banyak hiburan mulai dari hiburan, kuliner, dan belanja oleh-oleh. KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAHMalam hari di Kota Pattaya, Thailand dapat menemukan banyak hiburan mulai dari hiburan, kuliner, dan belanja oleh-oleh.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain berwisata, makan, dan belanja orang Indonesia ternyata punya alasan lain ke Thailand, yakni untuk menjalani perawatan kesehatan. Operasi plastik adalah salah satu layanan kesehatan yang banyak diincar oleh orang Indonesia ke Thailand.

"Kami belum punya data angka pastinya, tetapi selain liburan, makan, dan belanja, ada orang Indonesia yang datang untuk operasi plastik dan perawatan wajah lainnya," kata Director Tourism Authority of Thailand, Busakorn Prommanot ditemui di acara perkenalan Thanyapura Wellness Resort di The Hermitage, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Baca juga: Liburan ke Thailand, Ini Etika Saat Berkunjung ke Kuil

Bangkok masih menjadi destinasi utama bagi orang Indonesia yang mencari layanan operasi plastik. Sebab menurut Busakorn, beberapa rumah sakit di Bangkok mulai memberi pelayanan dalam Bahasa Indonesia.

"Kalau dibandingkan dengan Korea Selatan, biaya dalam hal tiket, penginapan, dan makanan pasien memang jadi lebih murah. Orang Korea sendiri juga banyak yang melakukan operasi plastik di Thailand," jelas Busakorn.

Baca juga: Menikmati Cita Rasa Thailand, Kamboja, dan Vietnam di Malang

Saat ini pemerintah Thailand sedang gencar menawarkan wisata sekaligus melakukan layanan kesehatan dan kebugaran kepada wisatawan global, termasuk Indonesia.

"Wisata kesehatan dan kebugaran ini tidak hanya di Bangkok, tetapi juga di Phuket, Chiang Rai, Chiang Mai, Koh Samui," kata Busakorn.

Ia juga menyebutkan pada 2017 ada empat juta wisatawan mancanegara yang datang ke Thailand untuk wisata kesehatan dan kebugaran dari total 35 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Thailand. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X