Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Lain ke Thailand, Wisata Kesehatan Termasuk Operasi Plastik

Kompas.com - 28/09/2018, 08:01 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain berwisata, makan, dan belanja orang Indonesia ternyata punya alasan lain ke Thailand, yakni untuk menjalani perawatan kesehatan. Operasi plastik adalah salah satu layanan kesehatan yang banyak diincar oleh orang Indonesia ke Thailand.

"Kami belum punya data angka pastinya, tetapi selain liburan, makan, dan belanja, ada orang Indonesia yang datang untuk operasi plastik dan perawatan wajah lainnya," kata Director Tourism Authority of Thailand, Busakorn Prommanot ditemui di acara perkenalan Thanyapura Wellness Resort di The Hermitage, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Baca juga: Liburan ke Thailand, Ini Etika Saat Berkunjung ke Kuil

Bangkok masih menjadi destinasi utama bagi orang Indonesia yang mencari layanan operasi plastik. Sebab menurut Busakorn, beberapa rumah sakit di Bangkok mulai memberi pelayanan dalam Bahasa Indonesia.

"Kalau dibandingkan dengan Korea Selatan, biaya dalam hal tiket, penginapan, dan makanan pasien memang jadi lebih murah. Orang Korea sendiri juga banyak yang melakukan operasi plastik di Thailand," jelas Busakorn.

Baca juga: Menikmati Cita Rasa Thailand, Kamboja, dan Vietnam di Malang

Saat ini pemerintah Thailand sedang gencar menawarkan wisata sekaligus melakukan layanan kesehatan dan kebugaran kepada wisatawan global, termasuk Indonesia.

"Wisata kesehatan dan kebugaran ini tidak hanya di Bangkok, tetapi juga di Phuket, Chiang Rai, Chiang Mai, Koh Samui," kata Busakorn.

Ia juga menyebutkan pada 2017 ada empat juta wisatawan mancanegara yang datang ke Thailand untuk wisata kesehatan dan kebugaran dari total 35 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Thailand. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com