10 Makanan Nusantara yang Disantap di Film "Aruna dan Lidahnya"

Kompas.com - 28/09/2018, 16:10 WIB
Teaser poster film Aruna dan Lidahnya produksi Palari Films Dokumentasi Palari FilmsTeaser poster film Aruna dan Lidahnya produksi Palari Films

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Aruna dan Lidahnya besutan rumah produksi Palari Film tayang perdana pada Kamis (27/9/2018).

Film yang diangkat dari novel karya Laksi Pamuntjak ini menceritakan petualangan Aruna dan kawan-kawannya di empat daerah.

Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang menjadi lokasi Aruna dan kawannya menyelidiki kasus wabah flu burung sekaligus mencicipi kuliner lokal.

Ada banyak kuliner lokal yang diangkat pada film Aruna dan Lidahnya. Pengambilan sudut gambar makanan yang apik sontak membuat penonton menelan liur.

Berikut adalah kuliner lokal yang ditampilkan di Aruna dan Lidahnya, dan tentunya disantap oleh Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Oka Antara, dan Hanna Al Rashid:

1. Rawon 

Di kota pertama, Surabaya, Aruna dan kawan kawan menyantap rawon. Pembuatan rawon dengan berfokus pada isi kluwak ditampilkan dalam film ini. Rawon yang disantap Aruna dan kawan-kawan adalah rawon iga sapi, yang disantap dengan telur asin.

Rujak soto.AMIE ANDARI Rujak soto.

2. Rujak Soto

Sebenarnya ini hidangan khas Banyuwangi, tetapi disantap Aruna di Surabaya. Dalam adegan tampak Aruna kurang menyukai cita rasa rujak soto. Rujak soto ini adalah sayuran yang diberi bumbu kacang kemudian disiram kuah soto bening dan diberi potongan cingur.

Untuk orang yang baru pertama kali menyantap rujak soto sensasinya akan terasa asing. Namun lama kelamaan, rujak soto sebenarnya membuat nagih karena kedalaman rasa kuah soto, campuran bumbu kacang, dan petis.

3. Kacang Kuah

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X