Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gong Perdamaian Palu, Mencegah Konflik dan Tempat Evakuasi Tsunami

Kompas.com - 29/09/2018, 14:36 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu di Palu, Sulawesi Tengah bukan hanya menjadi simbol kerukunan bagi masyarakat di Sulawesi Tengah. Lokasi Gong Perdamaian di Bukit Tondo juga memiliki fungsi lain yakni sebagai tempat evakuasi saat terjadi tsunami di Palu.

"Dibangunnya jalan membelah perbukitan dapat menghubungkan Kelurahan Tondo dengan Keluruhan Paboya, sekaligus berfungsi sebagai jalan evakuasi bila ada bencana tsunami," dikutip dari penjelasan di Gong Perdamaian, saat KompasTravel mengunjungi Palu bersama KFC Indonesia, Jumat (21/9/2018).

Baca juga: Perhatikan! Ini Tips Menghadapi Ancaman Tsunami

Palu dan sekitarnya yang rawan gempa memang memerlukan lokasi evakuasi. Apalagi Kota Palu sendiri dikepung oleh perairan Teluk Palu yang terkenal cantik, tetapi juga rawan tsunami saat terjadi gempa.

Pemandangan dari lokaso Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu di Palu, Sulawesi Tengah.Kompas.com/Silvita Agmasari Pemandangan dari lokaso Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu di Palu, Sulawesi Tengah.
Gong Perdamaian ini diresmikan pada 11 Maret 2013. Memikiki nama panjang Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu yang dalam bahasa Kaili memiliki arti bersaudara dan bersatu.

Dalam penjelasan dituliskan bahwa Gong Perdamaian merupakan upaya pencegahan terulang kembali konflik kekerasan sosial seperti di Poso. Oleh karena itu, selain simbol gong untuk menjaga perdamaian, di Bukit Tondo juga dibangun graha tempat berkumpul dan bermusyawarah apabila ada masalah yang harus diselesaikan.

Selain itu, Gong Perdamaian juga disebutkan sebagai tambahan hiburan di Palu, untuk agar menurunkan tingkat emosional dan ketegangan di kalangan masyarakat.

Lokasi Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu di Palu, Sulawesi Tengah.Kompas.com/Silvita Agmasari Lokasi Gong Perdamaian Nosarara Nosabatutu di Palu, Sulawesi Tengah.
Tidak heran Gong Perdamaian menjadi lokasi favorit warga Palu dan wisatawan untuk menikmati pemandangan dari Bukit Tondo.

Dari sana wisatawan juga dapat berfoto di anjungan yang telah disediakan dan melihat pemandangan matahari terbenam. Dari pusat kota, Gong Perdamaian dapat ditempuh selama 30 menit berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com