4 Daerah Wisata yang Kembali "Bangkit" Usai Diterjang Tsunami

Kompas.com - 30/09/2018, 14:11 WIB
Pengunjung melintas depan Gedung Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh, Kamis (21/2/2013). Selain berisi informasi tentang gempa dan tsunami, museum berlantai empat dengan arsitektur modern  yang dibangun tahun 2007 tersebut juga diperuntukkan sebagai tempat evakuasi bencana alam. SERAMBI INDONESIA/M ANSHARPengunjung melintas depan Gedung Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh, Kamis (21/2/2013). Selain berisi informasi tentang gempa dan tsunami, museum berlantai empat dengan arsitektur modern yang dibangun tahun 2007 tersebut juga diperuntukkan sebagai tempat evakuasi bencana alam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tsunami meninggalkan luka yang mendalam bagi keluarga korban dan penduduk sekitar. Namun daerah-daerah berikut dapat bangkit setelah diterjang tsunami.

Daerah tersebut kembali membangun insfratsruktur dan menjadi destinasi wisata yang terkenal. Di mana saja?

1. Aceh, Indonesia

Tsunami di Aceh yang terjadi 26 Desember 2004 menjadi salah satu bencana paling dahsyat di Indonesia. Gempa dan tsunami di Aceh terjadi karena gempa bumi megathrust bawah laut, yang memicu tsunami di pesisir Samudera Hindia.

Bukan hanya Aceh, ada 14 negara yang terkena bencana gempa dan tsunami di hari yang sama.

Aceh menjadi tempat paling terdampak dengan perkiraan korban melebihi 200.000 jiwa. Kini Aceh kembali bangkit dan beberapa situs mengenai tsunami dibangun sebagai peringatan sekaligus sarana edukasi.

Situs tersebut adalah Museum Tsunami, PLTD Apung, Kapal Apung Lampulo, dan Monumen Aceh Thanks to the World.

2. Phuket, Thailand

Selain Aceh, ada pula Phuket, Thailand yang terkena dampak dari gempa bumi megathrust pada 26 Desember 2004.

Daerah wisata andalan Thailand ini luluh lantah diterjang tsunami. Selain warga lokal, ada banyak turis yang meninggal akibat bencana ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X