Kompas.com - 01/10/2018, 17:16 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Di Bali, hampir semua hotel dan resor membuka jasa spa dan pijat. Spa ala Bali juga tersebar di seluruh penjuru Pulau Dewata terutama di Kuta, Legian, Semiyak, dan kawasan ramai turis lainnya.

"Menu" andalan mereka tentunya balinese traditional massage. Spa dan pijat ala Bali menjadi favorit wisatawan mancanegara, karena tekanan dan metodenya cocok bagi orang asing.

Ni Ketut Ary Karyani, Manager Paradise Spa yang ada di Prime Plaza Suites, mengatakan tidak ada metode spesifik yang digunakan dalam spa jenis ini. Teknik yang digunakan antara lain pressure, explorise, dan oiling.

Namun secara garis besar, spa ala Bali menggunakan tekanan pijat medium dengan titik-titik penekanan yang lengkap. Mulai dari kaki hingga kepala.

"Ada (wisatawan) yang tidak biasa, geli, bahkan sakit mereka kalau ditekan lebih (saat pemijatan), jadi memang cocoknya itu balinese," kata Ary di Prime Plaza Suites, Jumat (28/9/2018).

Baca juga: Keistimewaan Balinese Spa di Mata Wisatawan Mancanegara

Metode penekanan pijat ala Bali ialah menggunakan jempol dan telapak tangan bagian bawah. Berbeda dengan remedial, thai, shiatsu, dan spot massages yang juga menggunakan sikut untuk penekanan.

"Tujuan semuanya massage memang untuk melancarkan peredaran darah, untuk enegi. Tapi kalau balinese itu plus relaksasi, makanya ditawarkan paket-paket (balinese spa)," tutur Ary yang sudah menggeluti spa sejak 1998.

Relaksasi tersebut diperoleh dari tekanan yang medium, pemijatan yang perlahan, juga suasana sekitar yang dirancang setenang mungkin,

Metode pemijatan ala Bali dilakukan di seluruh tubuh dan kepala selama kurang lebih satu jam. Berbagai tempat spa biasa mengkombinasikannya dengan boreh khas bali, lalu perendaman tubuh dengan berbagai rempah Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.