Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Seru Menikmati Deretan Pantai Cantik di Sanur Bali

Kompas.com - 02/10/2018, 12:34 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Ada berbagai cara menikmati keindahan pantai-pantai di Sanur, Bali. Selain berjemur, berenang, ataupun watersport. KompasTravel sempat menjelajahi pantai Sanur, Jumat (28/9/2018).

Perjalanan saat itu berawal sebelum matahari terbit, dari penginapan Prime Plaza Suite, Sanur yang berlokasi cukup dekat dari kawasan Pantai Sanur, Bali. Berikut beberapa aktifitas seru yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Sanur.

1. Berburu Matahari Terbit

Menjelang sunrise di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Menjelang sunrise di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018).
Salah satu hal yang wajib Anda lakukan saat di Sanur, Bali ialah melihat matahari terbit. Sanur punya deretan pantai yang menghadap ke timur, dan menyuguhkan pemandangan cantik matahari terbit.

Matahari terbit di Bali kisaran pukul 05.35 WITA, Anda bisa bersiap sejak pukul 05.15 WITA jika menginap di Prime Plaza Suite, atau sekitarnya. Untuk menuju ke sana bisa menggunakan ojek online, ataupun taksi, jika operasional hotel belum aktif.

Baca juga: Berburu Sunrise hingga Kuliner Legendaris di Sanur

Beberapa tempat yang tepat melihat pemandangan ini ialah Pantai Matahari Terbit, Pantai Segara Ayu, Pantai Karang, Pantai Semawang, dan Pantai Sanurnya sendiri. Pantai-pantai tersebut berjejer di kawasan Sanur, sehingga sering juga dimasukkan sebagai Pantai Sanur.

2. Bersepeda Sepanjang Pantai


Penyewaan sepeda untuk wisatawan berkeliling pantai di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penyewaan sepeda untuk wisatawan berkeliling pantai di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018).
Lepas melihat matahari terbit, saatnya bersepeda di sepanjang garis pantai. Pagi hari setelah matahari terbit ialah waktu terbaik, karena udaranya sangat sejuk dengan pemandangan langit yang membiru.

Anda tidak perlu membawa sepeda dari hotel walaupun ada yang menyewakannya, karena di sisi pantai ada beberapa penyewaan sepeda, terutama di Pantai Segara Ayu, dan Pantai Karang. Dengan tarif Rp 15.000 dan menitipkan identitas, Anda bisa puas berkeliling selama satu jam.

3. Memancing

Salah satu aktivitas di pagi hari yang tidak kalah mengasyikkan ialah memancing, di pantai. Saat pagi hari air masih sangat surut, sehingga karang karang besar terlihat dari permukaan, dan jadi tempat memancing yang favorit.

Baca juga: Mengejar Matahari Terbit di Pantai Sanur

Sayangnya masih sangat jarang penyewaan pancingan di kawasan Sanur. Namun jika Anda datang pagi hari sekitar pukul 06.30 WITA, di pintu masuk pantai akan ramai komunitas pemancing. Mereka sangat ramah jika ada wisatawan yang ingin ikut memancing.

Lokasi memancingnya pun tidak jauh, apalagi harus menggunakan kapal. Anda tinggal berjalan di karang-karang selagi laut masih surut. Lepas siang sekitar pukul 08.30 WITA, air pun mulai naik, dan para pemancing bertolak pulang dengan membawa hasilnya.

4. Melepaskan Penyu ke Laut

Dua wisatawan mancanegara asal Jerman akan melepaskan penyu dari tempat konservasinya di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Dua wisatawan mancanegara asal Jerman akan melepaskan penyu dari tempat konservasinya di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018).
Di antara Pantai Karang dengan Pantai Segara Ayu terdapat satu podok kayu yang merehabilitasi penyu-penyu terdampar sepanjang kawasan Sanur. Tempat rehabilitasi sekaligus penangkaran penyu itu dikelola oleh warga lokal bernama Barnet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com