Rute Belanja dan Belajar Batik, dari Jakarta sampai Madura

Kompas.com - 02/10/2018, 16:12 WIB
Salah satu sanggar batik rumahan di Kampung Batik Semarang yang menyediakan aneka sandang dan suvenir batik, Jumat (16/6/2017). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIASalah satu sanggar batik rumahan di Kampung Batik Semarang yang menyediakan aneka sandang dan suvenir batik, Jumat (16/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjaja batik mudah ditemui di berbagai pasar besar khususnya di Jawa. Jika ingin mencoba pengalaman berbeda, datanglah ke kampung penghasil batik.

Selain bisa belanja batik, pengunjung juga dapat memerhatikan mengenai proses pembuatan batik. Bahkan banyak kampung batik menawarkan kursus singkat belajar batik bagi para pengunjungnya.

Berikut sembilan kampung batik di Jawa yang menarik untuk dikunjungi.

1. Jakarta

Batik Betawi yang mulai langka dapat ditemyi di Jalan Pal Batu, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Kampung batik ini pernah mendapatkan dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ketika memasuki daerah Palbatu, akan terihat jalan sepanjang 133 meter yang dicat dengan motif batik. Tidak hanya itu, 100 rumah warga Palbatu juga dicat batik.

2. Bandung

Jalan Cigadug Raya Timur terkenal sebagai destinasi berburu batik di Bandung, Dua merek terkenal di daerah ini adalah Batik Komar dan Batik Hasan.

3. Cirebon

Batik Trusmi jadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Cirebon. Di sini batik kualitas baik dijual dengan harga miring. Kampung Batik Trusmi berada di Kecamatan Plered.

Sejumlah pembatik di rumah batik Sekar Kencana milik Sigit Witjaksono di Lasem, Rembang, Jawa Tengah.Tribun Jateng/Syofri Kurniawan Sejumlah pembatik di rumah batik Sekar Kencana milik Sigit Witjaksono di Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X