Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Ratusan Patung Gandrung di Jiwa Jawa Resort Banyuwangi

Kompas.com - 02/10/2018, 18:10 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika datang ke Banyuwangi, sempatkan untuk berkunjung di Taman Gandrung Terakota yang berada di kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Di kawasan yang berada di bawah kaki Gunung Ijen ini terdapat ratusan patung Gandrung yang terbuat dari tembikar atau gerabah.

Sigit Pramono, penggagas Taman Gandrung Terakota kepada Kompas.com menjelaskan taman Gandrung tersebut terinsiprasi dari Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM).

Dia sengaja memilih menggunakan bahan tanah liat karena lebih menyatu dengan alam, dan tanah liat lebih rentan yang menjadi simbol dari ketidakabadian.

"Ini adalah galeri raksasa dan makna yang kita tawarkan adalah kesenian dan ketidakabadian. Karena yang abadi adalah proses, makna dan nilai-nilai yang melekat di dalamnya,” jelasnya.

Baca juga: Tour de Banyuwangi Ijen, Spirit of Blue Fire. Menuai Pujian

Penataan ratusan patung gandrung tersebut melibatkan kurator seni rupa dari Galeri Nasional Indonesia sekaligus dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Dr Suwarno Wisetrotomo. Ratusan patung tersebut ditata sedemikian rupa di kawasan pesawahan dengan latar belakang kebun dan Gunung Ijen.

Nama terakota diambil karena nama lain dari tembikar atau gerabah yang digunakan sebagain bahan dasar patung. Sementara Gandrung dipilih karena Gandrung merupakan salah satu identitas budaya yang dimiliki oleh masyarakat Banyuwangi yang lahir dari budaya agraris.

"Kesenian Gandrung memang berasal dari tradisi rakyat, yang awalnya adalah wujud syukur atas hasil pertanian yang melimpah. Karena itu, situs rawat-ruwat Tari Gandrung ini pun kita hamparkan berdampingan dengan aktivitas rakyat, yaitu petani yang tetap membajak sawah dengan kerbau, menanam dan memanen padi," pungkasnya.

Baca juga: Turis Malaysia Suka Pantai dan Kuliner Banyuwangi

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sangat antusias dengan tumbuhnya destinasi baru di Banyuwangi itu.

"Kami sangat bangga dengan antusiasme berbagai pihak untuk terus mengembangkan Banyuwangi. Ini dibangun tanpa APBD, melainkan oleh swasta yang punya kepedulian terhadap seni budaya Banyuwangi," kata Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com