Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seharian di Garut, Ini Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

Kompas.com - 04/10/2018, 10:36 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Pernah mendengar soal Swiss van Java? Tentu saja, predikat ini sering kali menjadi sebutan untuk Garut salah satu daerah di Jawa Barat.

Lokasinya tak jauh dari Bandung, dapat ditempuh bila kondisi jalan dalam keadaan normal 1,5-2 jam perjalanan.

Garut memiliki banyak wisata, namun bila Anda hanya memiliki waktu satu hari saja, Anda bisa berkeliling dan datang ke obyek wisata dekat kota Garut.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dalam satu hari di Garut dihimpun KompasTravel.

1. Situ dan Candi Cangkuang

 

Candi Cangkuang, peninggalan Hindu Abad ke-8, di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (13/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Candi Cangkuang, peninggalan Hindu Abad ke-8, di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (13/1/2018).

Salah satu obyek wisata yang bisa dikunjungi adalah Situ dan Candi Cangkuang. Obyek wisata ini terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Di sana wisatawan bisa melihat situ atau danau dan menyebrang ke tengah pulaunya menggunakan rakit.

Baca juga: Menpar: Swiss van Java, Garut Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Di tengah pulau terdapat candi, makam, dan rumah adat Kampung Pulo. Di sana Anda bisa mengetahui sejarah mulai dari asal muasal candi hingga berfoto di spot instagramable.

2. Pemandian Air Panas

Warga berwisata di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Kabupaten Garut, Minggu (26/2/2012). Sumber air panas dari Gunung Guntur dimanfaatkan menjadi sarana wisata berendam di kolam air panas. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Warga berwisata di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Kabupaten Garut, Minggu (26/2/2012). Sumber air panas dari Gunung Guntur dimanfaatkan menjadi sarana wisata berendam di kolam air panas.

Wah ini memang tidak boleh terlewatkan. Anda dapat merasa lebih rileks saat berendam di air panas yang berasal dari gunung.

Di Garut sendiri terdapat beberapa lokasi pemandian air panas, diantaranya di kawasan Cipanas, Darajat, Kawah Talaga Bodas, dan Kawah Papandayan.

3. Situ Bagendit

Suasana Situ Bagendit yang dijumpai dalam perjalanan dari Stasiun Cibatu, Garut, menuju Kota Garut, Jawa Barat, Senin (28/4/2014).KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Suasana Situ Bagendit yang dijumpai dalam perjalanan dari Stasiun Cibatu, Garut, menuju Kota Garut, Jawa Barat, Senin (28/4/2014).

Bila Anda ingin rehat sejenak, bisa menikmati suasana situ atau danau Bagendit. Anda juga bisa menikmati angin sepoi saat menaiki rakit.

Selain rakit, Anda juga bisa memilih transportasi pada wisata air ini, yakni sepeda bebek untuk berkeliling danau. Biasanya di tengah danau terdapat rakit yang juga sebagai warung.

Wisatawan bisa menikmati jajanan warung seperti kopi, teh, hingga makanan gorengan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com