Wisata Pantai hingga Gunung yang Bisa Dikunjungi di Garut - Kompas.com

Wisata Pantai hingga Gunung yang Bisa Dikunjungi di Garut

Kompas.com - 04/10/2018, 16:10 WIB
Pantai Santolo GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Santolo Garut

JAKARTA, KOMPAS.com –  Garut punya sederet destinasi wisata alam, mulai dari gunung hingga pantai. Jika ingin menikmatinya, Anda bisa menyediakan waktu paling tidak dua atau tiga hari agar lebih menikmati suasana.

Berikut daftar tempat wisata pantai dan gunung di Garut, seperti dihimpun KompasTravel.

1. Pantai Santolo

 

Pantai Santolo GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Santolo Garut

Garut juga memiliki pantai eksotis berpasir putih, namanya Pantai Santolo. Letaknya ada di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Dari Alun-alun Kota Garut jaraknya sekitar 88 kilometer, atau dengan waktu tempuh sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan.

Tak hanya main pasir, Anda bisa menaiki perahu, banana boat, memancing, hingga berfoto ria.

Bila Anda ingin bermalam, di Pantai Santolo juga sudah ada beberapa penginapan juga restoran.

2. Pantai Sayang Heulang

 

Pantai Sayang Heulang GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Sayang Heulang Garut

Pantai ini letaknya dekat dengan Pantai Santolo. Berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Garut. Jarak tempuh dari tengah Kota Garut sekitar 86 kilometer.

Anda akan menemukan hamparan karang, bukit karang, hingga hamparan pasir putih. Selain itu juga terdapat wisata religi yaitu Makam Prabu Geusan Ulun.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Rancabuaya Garut

Pantai Rancabuaya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Jarak dari Kota Garut sekitar 125 kilometer.

Tak hanya menikmati panorama laut dan pantai, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas. Seperti hiking, trekking, hingga berperahu. 

4. Gunung Papandayan

Pendaki menuruni jalur pendakian baru Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Jawa Barat, Kamis (29/6/2016). Gunung Papandayan kini memiliki jalur pendakian baru yang erletak di punggung gunung sisi kanan jalan jika dijangkau dari pintu penjualan tiket masuk Gunung Papandayan.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pendaki menuruni jalur pendakian baru Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Jawa Barat, Kamis (29/6/2016). Gunung Papandayan kini memiliki jalur pendakian baru yang erletak di punggung gunung sisi kanan jalan jika dijangkau dari pintu penjualan tiket masuk Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.856 meter di atas permukaan laut. Ini adalah salah satu pilihan gunung yang bisa didaki oleh pemula.

Medan pendakian dianggap landai dan cenderung mudah, tetapi tidak menghilangkan sensasi petualangan saat perjalanan.

Anda bisa melakukan perjalanan pulang-pergi sehingga tak perlu kemping. Terdapat beberapa jalur pendakian. Anda bisa melihat kawah, hutan mati, hingga ladang edelweis.

5. Gunung Cikuray

 

Mount Cikuray from Cisurupan, Garut.DOK. Disparbud Kab. Garut/ Gunawan Kartapranata Mount Cikuray from Cisurupan, Garut.

Gunung Cikuray juga merupakan gunung yang seringkali dipilih oleh para pendaki. Medannya dianggap lebih curam bila dibandingkan dengan Gunung Papandayan.

6. Gunung Guntur

Gunung GunturArsip Goat Run Trail Running Series Gunung Guntur

Gunung lainnya yang bisa didaki adalah Gunung Guntur. Medan pendakian Gunung Guntur yang berketinggian 2.250 meter di atas permukaan laut (mdpl) dikenal berat karena tak terlindungi pepohonan.

Pendakian akan melewati tiga pos sebelum mencapai puncak yaitu Pos 1 Kampung Citiis, Pos 2 Air Terjun Citiis, dan Pos 3 Pamulangan.

Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 biasanya akan ditempuh dengan rata-rata waktu pendakian yakni satu jam. Dari Pos 2 menuju Puncak Gunung Guntur akan ditempuh dalam waktu 3-4 jam.



Close Ads X