Negara dengan Pertumbuhan Pariwisata Tercepat Sedunia, Indonesia Peringkat 9

Kompas.com - 04/10/2018, 18:15 WIB
Finalis Puteri Pariwisata 2018, mahasiswa dan undangan World Tourism Day 2018 sedang membaca ikrarar Pemuda-Pemudi untuk pariwisata Indonesia di Sky Bridge Centra Park, Jakarta, Kamis (27/9/2018).KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARYA Finalis Puteri Pariwisata 2018, mahasiswa dan undangan World Tourism Day 2018 sedang membaca ikrarar Pemuda-Pemudi untuk pariwisata Indonesia di Sky Bridge Centra Park, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka Hari Pariwisata Dunia, World Travel & Tourism Council (WTTC) meluncurkan Power & Performance New Report.

WTTC merupakan forum bagi para petinggi dalam sektor travel dan pariwisata yang telah berdiri sejak tahun 1990. Forum ini muncul dengan tujuan meningkatkan pemahaman bahwa sektor pariwisata juga berdampak kepada pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Berdasarkan data yang dihimpun dari WTTC, sektor pariwisata telah menyumbang 313 juta lapangan kerja dan 10,4 persen pemasukan pada Produk Domestik Bruto (PDB) dunia.

“Hari Pariwisata Dunia adalah perayaan global dari sektor yang menyumbang 10,4 persen dari PDB dunia dan menghasilkan 313 juta pekerjaan,” kata Gloria Guevara, Chief Executive WTTC seperti dikutip dari Breaking Travel News, Kamis (04/10/2018).

Power & Performance New Report melihat kinerja dari 185 negara selama periode tujuh tahun yaitu sejak 2011 hingga 2017.

WTTC menggunakan data dampak ekonomi tahunan yang dimiliki dan empat indikator yang menjadi tolak ukur penilaian. Empat indikator tersebut yaitu kontribusi pariwisata terhadap PDB, pengeluaran pengunjung internasional, belanja pariwisata domestik, dan investasi modal dalam pariwisata.

Pura Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat (26/6/2015). KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pura Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat (26/6/2015).

Peringkat Power (kekuatan) menyoroti negara-negara yang tumbuh paling cepat secara absolut yang diukur dalam dolar AS. Peringkat Performance (kinerja) sendiri menyoroti negara-negara yang tumbuh paling cepat secara absolut dalam peningkatan presentase tahunan.

Negara-negara ini telah memanfaatkan peluang pariwisata sebagai alat untuk pembangunan.

Dalam daftar yang dikeluarkan WTTC, posisi tiga besar ditempati China, Amerika Serikat, dan India.

Sementara itu, Indonesia menempati peringkat kesembilan dan mengungguli negara Asia Tenggara lainnya, yaitu Thailand berada di peringkat 12, Filipina dan Malaysia di peringkat 13, Singapura di peringkat 16, serta Vietnam di posisi 21.

Penempatan Indonesia di peringkat kesembilan dalam Peringkat Kekuasaan ini karena sektor pariwisata Indonesia terus meningkat selama tujuh tahun dalam empat indikator.

“Laporan terbaru WTTC mengenai peringkat kekuatan dan performa pariwisata ini, memperlihatkan negara yang paling sukses meningkatkan sektor pariwisata,” ujar Gloria.

Berikut KompasTravel rangkum tigapuluh negara dalam Peringkat Kekuasaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X