12 Tips "Roadtrip" Bersama Anak - Kompas.com

12 Tips "Roadtrip" Bersama Anak

Kompas.com - 04/10/2018, 19:15 WIB
Ilustrasi roadtrip bersama keluargaNadezhda1906 Ilustrasi roadtrip bersama keluarga

KOMPAS.com – Liburan bersama anak bukanlah hal yang mudah. Butuh persiapan khusus karena mood anak-anak bisa berubah kapan saja. 

Jika tak ingin jauh-jauh ke luar negeri, perjalanan dalam kota atau ke kota sekitar juga menyenangkan. Berikut 12 tips untuk melakukan roadtrip bersama anak naik mobil, seperti dikutip dari Lonely Planet.

1. Atur pakaian terlebih dahulu

Ketika liburan, pakaian menjadi hal yang penting untuk disiapkan. Bawalah pakaian secukupnya yang dibutuhkan. Jika tidak ingin repot mencuci pakaian, bawalah pakaian lebih. 

Gunakan tas-tas dan beri label keterangan untuk memisahkan pakaian Anda dan anak agar lebih mudah untuk diambil.

Misalnya, tas untuk pakaian dalam, sepatu, pakaian Anda, pakaian anak. Letakkan semua atasan dalam satu tempat, pakaian dalam di tempat yang lain, bawahan di depan, dan seterusnya. 

2. Bawa perlengkapan buang air anak

Jika Anda memiliki anak yang berusia dua hingga empat tahun, bawalah pispot kecil untuk mempermudah anak buang air di dalam mobil jika tidak menemukan toilet dalam perjalanan. Siapkan juga beberapa kantong plastik dan tisu bayi.

Ilustrasi berenangViktorCap Ilustrasi berenang
3. Bawa perlengkapan renang

Ketika liburan, pantai atau kolam renang menjadi salah satu tujuan favorit anak. Untuk itu, perlengkapan renang menjadi barang wajib yang tidak boleh Anda lupakan.

Siapkan perlengkapan renang yang diatur rapi dalam tas terpisah, yang terdiri dari baju renang, topi, handuk, tabir surya, pelampung, kaca mata renang dan tas basah. Letakan ditempat yang mudah untuk diambil di bagasi mobil. 

4. Jangan meninggalkan rumah tanpa ...

Ketika perjalanan jauh, bawalah beberapa barang berikut yang mungkin akan dibutuhkan seperti charger ponsel, powerbank, kotak P3K, tisu basah dan kering, sanitiser, serta beberapa kantong plastik untuk menaruh sampah. 

5. Siapkan hal berikut dalam keadaan darurat          

Ketika melakukan perjalanan dengan mobil, bawalah ban serep untuk berjaga-jaga dalam perjalanan jauh. Simpan juga nomor penting untuk keadaan darurat seperti bengkel dan ambulance.

Pertimbangkan juga rute dan cuaca yang akan Anda. Bawa juga selimut jika berpergian dalam keadaan hujan. 

Jika menyewa mobil, pastikan kendaraan tersebut memiliki kursi duduk untuk anak. 

Ragam makanan ringan, oleh-oleh dari Sumenep, Madura.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ragam makanan ringan, oleh-oleh dari Sumenep, Madura.
6. Bawa makanan ringan

Ketika berpergian, bawalah camilan untuk berjaga-jaga jika dalam perjalanan tidak menemukan tempat makan. 

Bawalah makanan yang bergizi dan rendah gula untuk mengurasi sakit kepala atau stress karena kondisi jalan yang tidak baik atau terjebak macet.

Seperti camilan kering, kerupuk, popcorn, kacang, dan protein bar.

7. Bawa perlengkapan makan 

Kemas beberapa perlengkapan makan dasar seperti pisau, pengupas buah, sendok dan garpu, serta wadah yang dapat digunakan kembali untuk membantu Anda mempersiapkan, menyimpan, dan membawa makanan dengan cepat.

Dengan set dasar ini Anda juga dapat menyusun piknik makan siang, yang meminimalisir uang dan waktu yang dihabiskan di tempat istirahat.

8. Belanja keperluan dalam perjalanan           

Berhentilah di toko kelontong yang ditemui dalam perjalanan untuk persiapan makan pagi, siang, dan malam. Ini untuk menghemat biaya makanan dan menyiapkan makanan untuk orang yang pemilih.

Ketika ingin menyewa kamar penginapan atau hotel, pertimbangkan adanya dapur, microwave, dan kulkas.

Ilustrasi Minuman buah-buahanpilipphoto Ilustrasi Minuman buah-buahan
9. Tetap sehat selama perjalanan        

Untuk membuat Anda tetap fit dalam perjalanan, bawalah buah kalengan, apel, keju, yoghurt, dan makanan tinggi akan serat serta protein.

Jika ingin piknik, cobalah membuat sandwich sederhana dengan sepotong roti gandum, keju, alpukat, dan tomat dari supermarket.

10. Optimalkan perhentian Anda       

Ketika melakukan perjalanan panjang dengan mobil, cari referensi tempat dari internet yang bisa Anda kunjungi dalam perjalanan sebelum tiba di tujuan.

Seperti taman, pantai, kafe yang ramah anak, museum, taman margasatwa, dan tempat-tempat lain yang akan membuat setiap pemberhentian menjadi bagian yang mengasyikkan.

11. Siapkan hiburan

Untuk mengusir kebosanan dalam perjalanan, siapkan beberapa permainan untuk anak. Misalnya buku aktivitas, kartu, beberapa mainan, buku catatan dan krayon, dan bola. Hindari barang-barang seperti Play-Doh, yang berpotensi merusak interior mobil.

12. Siapkan musik

Untuk membuat perjalanan lebih asik dan tak terasa, putarlah musik kesukaan Anda dan keluarga. 



Close Ads X