Gunung Gamalama dan 5 Wisata Cantik Lain di Ternate - Kompas.com

Gunung Gamalama dan 5 Wisata Cantik Lain di Ternate

Kompas.com - 05/10/2018, 07:03 WIB
Wisatawan sedang menikmati pemandangan Pulau Maitara, Pulau Tidore, dan Danau Laguna di Desa Fitu, Ternate, Maluku Utara, Minggu 28/05/2017. Pemandangan di bagian belakang uang seribu rupiah menampilkan lukisan Pulau Tidore, Pulau Maitara dan aktivitas nelayan menjala ikan menjadi penambah sisi humanis di lukisan uang seribu rupiah tersebut.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan sedang menikmati pemandangan Pulau Maitara, Pulau Tidore, dan Danau Laguna di Desa Fitu, Ternate, Maluku Utara, Minggu 28/05/2017. Pemandangan di bagian belakang uang seribu rupiah menampilkan lukisan Pulau Tidore, Pulau Maitara dan aktivitas nelayan menjala ikan menjadi penambah sisi humanis di lukisan uang seribu rupiah tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung api Gamalama di Pulau Ternate, Maluku Utara, meletus pada Kamis (4/10/2018) pada pukul 11.52 WIT.

Gunung mengeluarkan asap berwarna putih kelabu setinggi 250 meter dari puncak awal. Abu vulkanik terbawa angin ke arah barat laut dan jatuh di wilayah Kecamatan Ternate Barat dan Pulau Ternate.

Gunung Gamalama terkenal sebagai destinasi wisata unggulan di Ternate. Kota Ternate pada dasarnya terletak di bawah Gunung Gamalama. Selain Gunung Galama, ada destinasi wisata unggulan lain di Ternate, seperti berikut ini:

1. Danau Laguna

Danau Laguna terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Ternate. Tempat ini kerap disebut Danau Ngade.

Masyarakat sekitar mulai membangun anjungan berfoto agar pemandangan Danau Laguna dapat diabadikan dengan maksimal oleh para wisatawan. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Danau Laguna adalah memancing.

2. Desa Fitu

Lokasi untuk melihat pemandangan yang diabadikan menjadi lukisan lembaran uang Rp 1.000 ada di Dea Fitu Ternate.

Pulau Tidore dan Pulau Maitara akan tampak dari Desa Fitu, lengkap dengan kapal nelayan yang memang sengaja dijangkar diperairan sekitar. Banyak wisatawan yang membawa lembaran uang Rp 1.000 yang mulai langka.

Tempat wisata Batu Angus, satu dari sekian tempat wisata yang menjadi andalan Ternate, Maluku UtaraKOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Tempat wisata Batu Angus, satu dari sekian tempat wisata yang menjadi andalan Ternate, Maluku Utara
3. Batu Angus

Wisata ini merupakan perbukitan yang berada di Jalan Batu Angus, Tobololo, Kota Ternate, Maluku Utara.

Batu Angus merupakan sisa kedahsyatan meletusnya Gunung Gamalama 1673. Membuat kumpulan bebatuan dari lahar panas.

Wujudnya seperti stalaktit hitam yang muncul dari dalam bumi. Perbukitan dengan batuan hitam dijaga hijaunya Gunung Gamalama, berpadu dengan pemandangan birunya laut dari ketinggian, sungguh hal yang harus dikunjungi saat Anda melancong ke Ternate.

Wisatawan berperahu di Pantai Sulamadaha di Ternate, Maluku Utara, Selasa (15/4/2014). Pantai ini merupakan salah satu objek wisata favorit di Ternate. Selain perairannya yang tenang, pantai ini juga memiliki keindahan terumbu karang dan ikan.KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Wisatawan berperahu di Pantai Sulamadaha di Ternate, Maluku Utara, Selasa (15/4/2014). Pantai ini merupakan salah satu objek wisata favorit di Ternate. Selain perairannya yang tenang, pantai ini juga memiliki keindahan terumbu karang dan ikan.

4. Pantai Sulamadaha

Pantai berpasir hitam yang eksotis ini dekat dengan Pulau Hiri, salah satu spot diving populer di Ternate. Selain eksotis karena pasir hitam lembutnya, pantai ini juga memiliki pemandangan pegunungan dan pulau-pulau di seberangnya.

Wisatawan bisa menikmati perjalanan melintasi pulau menggunakan kapal-kapal bermesin milik masyarakat. Warga sekitar juga banyak menjajakan kudapan tradisional di sisi pantai, yang tentunya bisa dicoba wisatawan.

Dana Tolire, salah satu objek wisata di bawah kaki Gunung Gamalama.KOMPAS.com/ FATIMAH YAMIN Dana Tolire, salah satu objek wisata di bawah kaki Gunung Gamalama.
5. Danau Tolire

Danau Tolire berada di Desa Takome, sekitar 20 kilometer dari Kota Ternate. Iklim sekitar danau yang sejuk, dengan air berwarna hijau dan pemandangan hutan membuat Danau Tolire menjadi destinasi wajib wisatawan saat ke Ternate.

Sebuah kepercayaan di Danau Tolire berkembang, ketika melemparkan batu maka si pelempar tidak dapat emlihat ke mana batu tersebut jauh dan tidak ada cipratan air. Hanya rekan pelempar batu yang dapat melihat.



Close Ads X