5 Kuliner Terkenal dari Cile, Apa Saja? - Kompas.com

5 Kuliner Terkenal dari Cile, Apa Saja?

Kompas.com - 05/10/2018, 15:12 WIB
Curanto, kuliner khas CileDok.ThisIsCile Curanto, kuliner khas Cile

JAKARTA, KOMPAS.com - Cile layak untuk masuk sebagai daftar destinasi berlibur. Selain kebijakan bebas visa selama 90 hari bagi Warga Negara Indonesia (WNI), Cile juga terkenal kaya akan alam, budaya, dan kuliner.

Kuliner di Cile memiliki pengaruh yang kental dari kuliner tradisional Inka, Eropa khususnya Spanyol, dan sedikit Timur Tengah.

Situs resmi The Chile Cultural Society menyebut jika kuliner Cile dapat dibagi berdasarkan daerah, yakni kuliner daerah utara, tengah, dan selatan. Perbedaan geografis membawa pengaruh besar akan kuliner Cile di masing-masing daerah.

Apa saja kuliner Cile yang terkenal dan patut untuk dicicipi wisatawan yang berkunjung?

1. Empanada

Terkenal hampir di seluruh negara Latin, lantaran makanan ini sebenarnya dibawa oleh Spanyol ke negeri jajahannya. Empanada adalah pastry (kue kering) yang berbentuk bulan sabit.

Isi empanada beraneka ragam dan bisa dipilih sesuai selera. Bisa hidangan laut sampai keju. Namun yang terkenal adalah campuran daging sapi cincang, bawang, kismis, buah zaitun hitam, dan telur rebus.

2. Pastel de Choclo

Ini adalah makanan yang banyak disantap warga lokal Cile. Terbuat dari tepung jagung, dicampur daging sapi cincang, daging ayam, bawang, buah zaitun hitam, dan telur rebus.

Kemudian di tutupi tepung jagung lagi dan dibakar. Alhasil bagian luar dan dasar makanan ini menjadi renyah. Sekilas jika dilihat bentuknya mirip pastel tutup. 

Pastel de Choclo, kuliner khas Cile.Dok. Goya Foods Pastel de Choclo, kuliner khas Cile.
3. Curanto

Berdasarkan penelitian arkeologis, curanto bisa jadi makanan tertua di dunia. Sebab ditemukan curanto berusia 6.000 tahun. Hidangan ini terbuat dari ikan, potongan sapi, kentang, sayuran, chorizo (sosis babi), dan chapalele (pangsit Cile dari kentang dan tepung).

Cara memasak curanto adalah dikubur di oven batu dan ditutupi daun selama satu sampai dua jam. Teknik memasak ini merupakan teknik masak kuno.

4. Humitas

Ada juga humitas merupakan makanan yang terkenal bagi penduduk yang tinggal daerah Pengunungan Andes. Humitas terbuat dari basil manis, lemak hewan, bawang, dan paprika. Kemudian dibungkus di kulit jagung lalu diikat dan dimasak dengan teknik bakar maupun rebus.

Humitas, kuliner khas Cile tepatnya amsyarakat disekitar Pegunungan Andes.Dok. Eat Wine Humitas, kuliner khas Cile tepatnya amsyarakat disekitar Pegunungan Andes.
5. Caldillo de Congrio

Caldillo de Congrio diabadikan oleh pemenang Hadiah Nobel Pablo Neruda dalam ode "Oda al Caldillo de Congrio." Hidangan ini adalah sup hangat yang terbuat dari conger (sejenis belut), kentang, wortel, ketumbar, bawang merah dan bawang putih yang dimasak dengan cara direbus atau ditumis. Humitas adalah sup klasik dari daerah pantai Cile.

 

 



Close Ads X