Tips Berburu "Wifi" Gratis di Jepang - Kompas.com

Tips Berburu "Wifi" Gratis di Jepang

Kompas.com - 07/10/2018, 21:09 WIB
UESHIMA COFFEE HOUSEKARAKSA MEDIA UESHIMA COFFEE HOUSE

KOMPAS.com - Pada masa kini, sudah semakin banyak tempat yang menyediakan layanan Wi-Fi gratis di Jepang. Anda pun bisa menikmati akses jaringan nirkabel berkecepatan tinggi hanya dengan beberapa langkah proses registrasi. Di Jepang, beberapa minimarket menyediakan layanan internet gratis.

Seperti dikutip dari situs panduan wisata Jepang, Ohayo Jepang (www.ohayojepang.kompas.com), selain minimarket, ada juga kafe trendi yang memberikan akses internet gratis. Mari kami perkenalkan beberapa kafe yang menyajikan kopi dan kue yang enak, serta memiliki layanan Wi-Fi gratis.

Wi-Fi di Kedai Kopi

Jaringan kedai kopi Starbucks dipandang sebagai pionir dalam hal kafe yang menyediakan layanan wifi gratis di Jepang. Pada tahun 1996, mereka memulai sejarahnya di Jepang dengan membuka kedai kopi pertamanya di ARK Hill Branch, di Roppongi, Tokyo.

Namun, ada jaringan kedai kopi selain Starbucks yang juga menyediakan layanan wifi gratis. Selengkapnya kedai kopi apa saja dan cara terkoneksi dengan layanan wifi tersebut, bisa dibaca di artikel "Mari Coba Gunakan Wi-Fi di Kedai Kopi".

Wi-Fi di Minimarket

Seven-Eleven merupakan salah satu jaringan minimarket terbesar di Jepang. Mereka memiliki 20.000 toko di Jepang (cabang domestik per September 2017). Sebanyak 6.000 toko tersebar di Tokyo Metropolis dan tiga prefektur dekat dengan Tokyo. Sementara di dunia ada 43.000 toko tersebar di berbagai negara (cabang di dunia per November 2017).

Jaringan minimarket ini menyediakan layanan internet gratis di sekitar 6.000 toko di Tokyo dan tiga perfektur dekat Tokyo. Anda bisa mengidentifikasikannya dengan simbol yang menunjukan bahwa toko tersebut memiliki layanan internet. Biasanya simbol tersebut berupa stiker yang ditempel di depan toko. Untuk menggunakan layanan ini, pertama-tama Anda harus meregistrasi alamat email, jenis kelamin, tanggal lahir, dan password.

Namun, tidak hanya Seven-Eleven yang menyediakan layanan wifi gratis. Ada minimarket lainnya yang juga menyediakan layanan serupa. Selengkapnya minimarket apa saja dan cara terkoneksi dengan layanan wifi tersebut, bisa dibaca di artikel "Menggunakan Wi-Fi Gratis di Minimarket".


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X