Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Wisata Delegasi IMF Diprediksi Laku "On The Spot"

Kompas.com - 09/10/2018, 12:10 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paket wisata untuk delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018 sudah mulai dijual di situs resmi Kementerian Pariwisata yaitu www.indonesia.travel.

Rencananya Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) juga akan menjual paket wisata di 21 hotel resmi akomodasi delegasi IMF.

"Saya berdasarkan infonya dari teman-teman (agen wisata) baik dari Bali maupun dari luar. Sebenarnya mereka menunggu on the spot (pada waktu penyelengaraan) yang banyak," kata Ketua ASITA Bali, I Ketut Ardana saat dihubungi KompasTravel, Senin (8/10/2018).

Baca juga: Harga Jual Paket Wisata ke Delegasi IMF, dari Termurah sampai Termahal

Untuk pemesanan dari situs resmi Kementerian Pariwisata, I Ketut Ardhana menyebutkan jumlahnya belum begitu banyak, baru sekitar 100 paket wisata.

Paket wisata di Bali diprediksi akan menjadi yang paling laku, mengingat IMF-World Bank Annual Meeting 2018 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

"Sementara masih tempat-tempat yang terkenal seperti Tanah Lot, Uluwatu, Ubud, dan Jatiluwih yang sudah laku. Saya yakin GWK juga akan dicari karena baru diresmikan," sebut I Ketut Ardhana.

Ia juga menyebutkan biasanya paket wisata setengah hari di Bali yang lebih laku, seperti perjalanan singkat ke Kuta, GWK, atau Ubud.

Bola-bola silver yang menghiasi Jalan Malioboro yang melegenda, Sabtu (12/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bola-bola silver yang menghiasi Jalan Malioboro yang melegenda, Sabtu (12/3/2018).

"Harapan kami mulai hari ini dan besok (delegasi) sudah mulai memesan tur wisata itu," pungkas I Ketut Ardhana.

Untuk IMF-World Bank Annual Meeting 2018, Kementerian Pariwisata dan ASITA menjual 63 paket wisata yang terdiri dari tiga paket wisata di Bali, delapan paket wisata di Komodo (Flores dan Sumba), lima paket wisata di lombok, lima paket wisata di Yogyakarta, empat paket wisata di Toraja, dua paket wisata di Banyuwangi, dan enam paket wisata di Danau Toba.

Baca juga: Mengintip Paket Wisata 7 Destinasi yang Dijual ke Delegasi IMF

Paket wisata tersebut hanya dijual lewat situs resmi Kementrian Pariwisata dan hospitality desk yang ditempatkan di 21 hotel resmi penyelenggaran IMF-World Bank Annual Meeting 2018 dari 8-14 Oktober 2018.

Kementerian Pariwisata memperkirakan paket wisata yang terjual di IMF-World Bank Annual Meeting 2018 mencapai 10 persen dari jumlah delegasi yang tadinya ditargetkan 18.000 orang, jadi total 1.800 paket wisata.

Jumlah tersebut masih dapat lebih, mengingat Menteri Koordinator Kemaritiman sekaligus Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan Tahunan IMF-Bank Dunia, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut jumlah delegasi sudah mencapai 34.000 orang per Senin (8/10/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com