Hijabers Jalan-jalan ke Korea? Perhatikan 5 Hal Ini

Kompas.com - 10/10/2018, 23:16 WIB
Seoul Central Mosque di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. KOMPAS.com/APRILLIA IKA Seoul Central Mosque di Itaewon, Seoul, Korea Selatan.

KOMPAS.com - Kompas.com bersama lima selebgram hijab mencoba tur ke sejumlah daerah di Korea selama sepekan. Intinya, untuk merasakan keramahan pariwisata Korea untuk turis muslim, atau wisata yang muslim-friendly.

Lima selebgram hijab tersebut yakni Asma Nadia (@asmanadia), Indah Nada Puspita (@indahnadapuspita), Rizky Amelia (@ameliaelle), Bella Almira (@bellmirs), serta Syifa Adinda Negara (@adindanegara).

Selama seminggu, kami menjelajahi sejumlah tempat wisata unggulan di Seoul, Gangwon, Gyeonggi dan Incheon. Ada banyak memori indah di sekitar tempat wisata tersebut, namun juga ada catatan khusus bagi hijabers yang bepergian ke sana.

Baca juga: Cerita 5 Selebgram Hijab Menjajal Wisata Ramah Muslim di Korea

Berikut rangkuman lima hal yang harus diperhatikan hijabers saat berkunjung ke Korea:

1. Busana

Saat rombongan peserta 2018 Halal Restaurant Week Korea bertanda ke negeri ginseng ini, bertepatan dengan awal musim gugur, yakni awal Oktober. Cirinya adalah udara yang sejuk di siang hari, sekitar 20-24 derajad celcius dan sedikit dingin hingga 14 derajad di malam hari.

Selalu cek prakiraan suhu di aplikasi smartphone, agar busana yang dipakai nyaman, sesuai dengan kondisi suhu, serta tetap sesuai dengan syariah.

Jangan lupa kenakan mantel jika udara berubah menjadi dingin atau untuk melindungi diri dari terpaan angin. Jika cuaca terik di siang hari, tidak ada salahnya menggunakan sunglasses.

Simak tips berbusana saat jalan-jalan di awal musim gugur di Korea dari @ameliaelle berikut ini: 

 

2. Toilet

Seperti yang kita tahu, kebersihan badan dan pakaian sangat penting bagi muslim. Kebersihan juga merupakan sebagian dari iman. Untuk itu, toilet yang bersih serta memiliki bidet juga penting bagi turis muslim.

Nah, saat kami berkunjung di bulan Oktober, udara yang sejuk membuat sejumlah peserta harus sering ke toilet untuk buang air kecil.

Beruntung, di Korea ini rata-rata tempat wisatanya hingga ke toilet umumnya lumayan bersih, serta tidak berbau menyengat.

Nah, di Korea ini ada sejumlah tempat yang memiliki toilet dengan bidet. Namun, banyak juga yang tidak.

Halaman:



Close Ads X