Tempat Wisata Pasar Ikan Tsukiji di Jepang Pindah Lokasi... - Kompas.com

Tempat Wisata Pasar Ikan Tsukiji di Jepang Pindah Lokasi...

Kompas.com - 12/10/2018, 19:09 WIB
Pelelangan tuna menjelang pagi di Pasar Tsukiji, Tokyo.  AFP/ YOSHIKAZU TSUNO Pelelangan tuna menjelang pagi di Pasar Tsukiji, Tokyo.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar ikan Tsukiji yang ada di distrik Ginza, Tokyo, Jepang merupakan pasar ikan terbesar di dunia.

Seperti yang dilansir dari laman Nextshark, pasar ikan Tsukiji berpindah atau direlokasi ke Toyusu. Letaknya sendiri sekitar 3,5 kilometer dari lokasi sebelumnya.

Di lokasi yang baru ini, pasar kembali beroperasi mulai 11 Oktober 2018 untuk bisnis. Sementara untuk wisatawan, pasar ini bisa dikunjungi pada 13  Oktober 2018.

Pasar ikan Tsukiji yang telah beroperasi kurang lebih selama 83 tahun itu dipindahkan karena Jepang bersiap menyambut Olimpiade Tokyo 2020.

Nantinya lokasi pasar ikan Tsukiji di Ginza akan dijadikan tempat parkir pertandingan atau pusat transportasi pada Olimpiade 2020.

Pembeli, pekerja, dan juru lelang menghadiri prosesi lelang tuna terakhir di Pasar Ikan Tsukiji Sabtu (6/10/2018).  Lelang itu menjadi yang terakhir sebelum Tsukiji ditutup dan direlokasi ke tempat baru.AFP/NICOLAS DATICHE Pembeli, pekerja, dan juru lelang menghadiri prosesi lelang tuna terakhir di Pasar Ikan Tsukiji Sabtu (6/10/2018). Lelang itu menjadi yang terakhir sebelum Tsukiji ditutup dan direlokasi ke tempat baru.
Tsukiji Fish Market tak sekedar pasar, tetapi pasar ikan Tsukiji ini begitu menarik untuk dikunjungi terutama turis asing.

Bila berkunjung ke pasar ini, banyak aktivitas yang bisa Anda lihat. Mulai dari jual beli grosir hasil laut, pertanian, hingga hadirnya kuliner olahan seafood.

Di pasar tersebut Anda dapat menemukan berbagai restoran terkenal yang menjual menu lezat dengan harga bersahabat.

Restoran Sushi-dokoro Yamazaki di Tokyo ini menjual hidangan sushi yang menggunakan bahan ikan segar dari berbagai daerah.
KARAKSA MEDIA Restoran Sushi-dokoro Yamazaki di Tokyo ini menjual hidangan sushi yang menggunakan bahan ikan segar dari berbagai daerah.
Restoran-restoran ini menyediakan menu berbahan ikan segar dan berkualitas yang diambil langsung dari pasar.

Nah, hal yang begitu identik dan sangat menarik dari pasar ini adalah pada pelelangan ikan tuna. Bahkan ketika pelelangan tuna ini banyak para pengusaha hingga koki sushi yang hadir.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan juga menjadikan pasar ini ramai. Mereka menginginkan melihat sistem lelang tuna di pagi hari.

Kiyoshi Kimura, Presiden Kiyomura KK, berpose dengan ikan tuna seberat 180 kilogram, yang dibeli seharga 4,51 juta yen dalam lelang tahun baru tahunan di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Senin (5/1/2015).Bloomberg Kiyoshi Kimura, Presiden Kiyomura KK, berpose dengan ikan tuna seberat 180 kilogram, yang dibeli seharga 4,51 juta yen dalam lelang tahun baru tahunan di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Senin (5/1/2015).
Mulanya memang tak semua orang rela pasar ini dipindahkan, tetapi para pedagan pun kini mendapatkan fasilitas yang lebih di lokasi yang baru.

Adapun seperti yang dilansir dari ABC News, Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan dia ingin mempertahankan reputasi Tsukiji sebagai pusat kuliner.

 

 



Close Ads X