Wajib Makan di Izakaya Saat Liburan di Jepang, Ini Panduannya... - Kompas.com

Wajib Makan di Izakaya Saat Liburan di Jepang, Ini Panduannya...

Kompas.com - 13/10/2018, 10:01 WIB
ILUSTRASI - IzakayaKARAKSA MEDIA ILUSTRASI - Izakaya

KOMPAS.com - Banyak wisatawan penasaran ingin mampir ke sebuah Izakaya, tetapi ragu-ragu saat ingin mencoba makan di Izakaya. Izakaya merupakan sebuah bar juga restoran tradisional dan sangat populer di Jepang.

Selain itu, ada banyak aturan yang khas di setiap negara atau suatu perusahaan, termasuk di Jepang. Hal ini sebagai wujud budaya yang berkembang di negara maupun perusahaan. Hal sama juga berlaku di Izakaya.

Seperti dikutip dari situs panduan wisata Jepang, Ohayo Jepang (www.ohayojepang.kompas.com), panduan berikut dibuat untuk membantu Anda mengenali beberapa hidangan populer yang biasanya tersedia di Izakaya. Selain itu, kami akan berikan panduan yang berlaku untuk Izakaya yang memiliki layanan “Otohsi”. Sistem ini mengatur cara memesan makanan dan melakukan pembayaran.

Hidangan Populer di Izakaya

Mari kita pesan minuman. Saat orang Jepang memesan bir, biasanya mengatakan “Toriaezu-Nama”. Salah satu hidangan populer adalah kentang goreng (french fries). Di sebuah jaringan izakaya bernama Sakura Suisan, hidangan ini disebut “Potato Fries”. Tamburan kecil berwarna hijau di atas kentang goreng adalah aonari (rumput laut kering). Bumbu penyedap khas Jepang ini sangat cocok dengan rasa kentang goreng.

Pilihan lain adalah Karaage atau ayam goreng. Pertama-tama ayam yang telah dipotong-potong dibalur dengan tepung gandum dan bumbu penyedap, lalu digoreng dalam minyak banyak. Ayam disajikan tanpa tulang.

Hidangan populer lainnya bisa Anda baca di artikel "Panduan Hidangan Populer di Izakaya, Bar Tradisional Jepang".

Aturan Makan di Izakaya dan Cara Membayar

Mari kita pelajari apa saja benda yang ada di meja kedai Izakaya. Benda warna perak adalah asbak (Hai-zara). Wadah ukuran besar dan kecil di belakang asbak bisa digunakan untuk makan. Wadah yang lebih besar digunakan untuk makanan yang dimakan ramai-ramai. Wadah lebih kecil bernama “Sashi-choko”.

Wadah ini digunakan untuk menaruh shoyu (kecap asin khas Jepang) dan bumbu penyedap lainnya. Benda bulat warna putih di sisi kanan foto adalah bel untuk memanggil pelayan.

Selengkapnya mengenai cara memesan dan juga cara pembayaran, Anda bisa membacanya di artikel "Panduan Aturan Makan di Izakaya dan Cara Membayar".


Close Ads X