13 Kesalahan Sederhana ketika Memasak di Dapur - Kompas.com

13 Kesalahan Sederhana ketika Memasak di Dapur

Kompas.com - 13/10/2018, 17:03 WIB
Chef sedang memasak steak di Hotel Ibis Cawang.Kompas.com/Silvita Agmasari Chef sedang memasak steak di Hotel Ibis Cawang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal memasak, semua orang kini bisa melakukannya di rumah bahkan dimana saja seperti di gunung sekalipun walaupun dengan peralatan seadanya.

Mulai dari orangtua hingga anak kecil kini bisa melakukannya. Berbagai acara masak dan kompetisi masak pun bermunculan. Tidak hanya itu, banyak orang yang mulai menekuni dunia masak sebagai pekerjaan dan mempelajari secara khusus di berbagai sekolah masak yang ada.

Ketika memasak tanpa disadari seringkali Anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan sederhana di dapur, setidaknya sekali.  Kesalahan-kesalahan inipun pernah dilakukan koki sekalipun. 

Baca juga: Tips Memasak Iga Sapi agar Terasa Empuk

Berikut KompasTravel rangkum 13 kesalahan memasak sederhana yang harus dihindari dilansir dari www.foodbeast.com.

Aneka bumbu dijual di kios bumbu masakan di Pasar Bukit Tinggi, Sumatera Barat, awal Juli lalu. Kios tersebut menyediakan berbagai macam racikan bumbu untuk masakan khas Minangkabau.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Aneka bumbu dijual di kios bumbu masakan di Pasar Bukit Tinggi, Sumatera Barat, awal Juli lalu. Kios tersebut menyediakan berbagai macam racikan bumbu untuk masakan khas Minangkabau.
1. Tidak Mencicipi sebelum Disajikan

Seringkali Anda lupa untuk mencicipi makanan yang sedang Anda masak dan langsung menghidangkannya.

Hal ini harus dihindari, Anda harus mencicipi makanan terlebih dahulu sebelum menyajikannya untuk mengetahui apakah rasa makanan sudah enak atau belum. Jangan menunggu hingga makanan akan disajikan. 

2. Memasak Daging Langsung dari Lemari Es

Tanpa disadari, karena diburu waktu makan siang atau malam Anda langsung memasak daging yang baru dikeluarkan dari kulkas dengan hanya mencucinya saja.

Baca juga: Pengalaman Lucu Koki di Yogyakarta yang Memasak untuk Obama

Ketika Anda langsung memasak daging yang baru saja dikeluarkan dari kulkas, daging tersebut masaknya tidak merata. Untuk itu, daging yang disimpan di lemari es diletakkan terlebih dahulu di suhu ruangan selama setengah jam sebelum dimasak, agar tekstur daging normal sehingga ketika dimasak bisa matang dengan merata.

3. Membalik Daging Terlalu Cepat

Ketika memasak daging  khususnya steak Anda sering membalik daging terlalu cepat sedangkan daging belum matang atau berwarna coklat. Hal ini bisa mempengaruhi tekstur dan kematangan daging. Untuk itu jangan terburu-buru membalik daging.

Ilustrasi brokoliMizina Ilustrasi brokoli
4. Kelebihan atau Kekurangan Bumbu

Saat memasak, bumbu menjadi kunci utama kelezatan makanan. Untuk itu Anda perlu mencicipinya terlebih dahulu apakah makanan sudah pas atau justru keasinan.

Baca juga: Ini Kombinasi Ikan dan Bumbu yang Pas untuk Hidangan Pepes

Ketika memasak Anda perlu untuk mencicipi makanan setiap kali memasukkan bumbu ke dalamnya. Ketika makanan terasa asin, coba tambahkan air, kaldu, atau krim untuk membuat rasa tidak terlalu kuat.

5. Tidak Membaca Keseluruhan Resep

Ketika Anda memasak makanan menggunakan resep dari buku, cobalah untuk membaca keseluruhan resep makanan karena kekacauan bisa saja terjadi di dapur sehingga Anda bisa lebih mudah mengantisipasinya. 

6. Terburu-buru Membuat scramble egg

Ketika hendak membuat telur orak-arik, api yang terlalu besar dan terlalu lama memasak telur dan mengorak-arik telur cepat membuat kekenyalan telur menjadi tidak baik. Ketika hendak memasak telur orak-arik, masak dengan api sedang dan angkat panci selagi telur sedikit matang dan orak-arik telur sehingga telur akan matang dengan tekstur yang tidak terlalukeras dan kenyal.

Mengukur porsi makananbisa menggunakan tangan kitaFogStock/Vico Images/Tamara Lischka Mengukur porsi makananbisa menggunakan tangan kita
7. Memasak Brokoli Terlalu Lama

Seringkali ketika memasak brokoli, atau sayuran lainnya terlalu lama sehingga tekstur dari brokoli lembek dan nutrisinya berkurang atau hilang. Ketika hendak memasak brokoli, keluarkan brokoli dari air panas ketika warnanya mulai berubah menjadi hijau terang lalu cuci brokoli dengan air dingin agar tidak masak di bagian dalam.

8. Memotong Sayuran dengan Pisau Roti

Seringkali ketika tidak menemukan pisau, Anda menggunakan pisau roti untuk memotong sayuran. Walaupun pisau roti yang digunakan tajam tetapi tidak optimal untuk memotong sayuran, gunakanlah pisau dapur yang tajam.

9. Menggunakan Bahan Herbal yang Sudah Kering

Dalam resep dibutuhkan bahan herbal sebagai bumbu masak. Jika dalam resep dituliskan menggunakan bahan herbal yang segar, pilihlah sesuai saran resep jangan gunakan yang sudang dikeringkan.

Ilustrasi telur rebusAmarita Ilustrasi telur rebus
10. Memasak Porsi Besar Dalam Panci Kecil

Seringkali untuk menghemat tempat atau cucian piring, seringkali hanya menggunakan satu wadah tanpa memperhatikan kapasitas wadah untuk menampung.

Seperti ingin memasak daging dalam porsi besar, gunakanlah panci berukuran besar untuk memastikan daging tidak bersentuhan sehingga ketika dimasak daging bisa matang dengan sempurna.

Memasak pasta jengkol, menjadi salah satu menu yang laris dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Memasak pasta jengkol, menjadi salah satu menu yang laris dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017
11. Memasak Telur Rebus dengan Waktu yang Salah

Ketika memasak telur terlalu lama akan membuat tekstur telur terlalu matang. Sebaliknya jika memasak dalam waktu cepat, tekstur telur terlalu lembek bahkan kuning telurnya tidak matang. Untuk telur rebus dengan tekstur yang pas, rebus selama 9 menit dan  telur setengah matang masak selama 6 menit. Setelah selesai masak, langsung rendam dengan air dingin.

12. Pasta Menggumpal dan Lengket

Jika Anda memasak pasta, gunakanlah panci berukuran besar. Jika menggunakan panci berukuran kecil akan membuat pasta matang dengan tidak merata dan akan keseluruhan pasta akan saling melekat. 

13. Memotong Daging Terlalu Panjang 

Ketika memotong daging, lihat arah serat dari daging kemudian potong dari atasnya secara leteral. Jangan potong daging di bagian daging yang kenyal tapi potonglah di bagian daging yang berserat.



Close Ads X