Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Kesalahan Sederhana ketika Memasak di Dapur

Kompas.com - 13/10/2018, 17:03 WIB
Citra Fany Samparaya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

Sumber FoodBeast

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal memasak, semua orang kini bisa melakukannya di rumah bahkan dimana saja seperti di gunung sekalipun walaupun dengan peralatan seadanya.

Mulai dari orangtua hingga anak kecil kini bisa melakukannya. Berbagai acara masak dan kompetisi masak pun bermunculan. Tidak hanya itu, banyak orang yang mulai menekuni dunia masak sebagai pekerjaan dan mempelajari secara khusus di berbagai sekolah masak yang ada.

Ketika memasak tanpa disadari seringkali Anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan sederhana di dapur, setidaknya sekali.  Kesalahan-kesalahan inipun pernah dilakukan koki sekalipun. 

Baca juga: Tips Memasak Iga Sapi agar Terasa Empuk

Berikut KompasTravel rangkum 13 kesalahan memasak sederhana yang harus dihindari dilansir dari www.foodbeast.com.

Aneka bumbu dijual di kios bumbu masakan di Pasar Bukit Tinggi, Sumatera Barat, awal Juli lalu. Kios tersebut menyediakan berbagai macam racikan bumbu untuk masakan khas Minangkabau.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Aneka bumbu dijual di kios bumbu masakan di Pasar Bukit Tinggi, Sumatera Barat, awal Juli lalu. Kios tersebut menyediakan berbagai macam racikan bumbu untuk masakan khas Minangkabau.
1. Tidak Mencicipi sebelum Disajikan

Seringkali Anda lupa untuk mencicipi makanan yang sedang Anda masak dan langsung menghidangkannya.

Hal ini harus dihindari, Anda harus mencicipi makanan terlebih dahulu sebelum menyajikannya untuk mengetahui apakah rasa makanan sudah enak atau belum. Jangan menunggu hingga makanan akan disajikan. 

2. Memasak Daging Langsung dari Lemari Es

Tanpa disadari, karena diburu waktu makan siang atau malam Anda langsung memasak daging yang baru dikeluarkan dari kulkas dengan hanya mencucinya saja.

Baca juga: Pengalaman Lucu Koki di Yogyakarta yang Memasak untuk Obama

Ketika Anda langsung memasak daging yang baru saja dikeluarkan dari kulkas, daging tersebut masaknya tidak merata. Untuk itu, daging yang disimpan di lemari es diletakkan terlebih dahulu di suhu ruangan selama setengah jam sebelum dimasak, agar tekstur daging normal sehingga ketika dimasak bisa matang dengan merata.

3. Membalik Daging Terlalu Cepat

Ketika memasak daging  khususnya steak Anda sering membalik daging terlalu cepat sedangkan daging belum matang atau berwarna coklat. Hal ini bisa mempengaruhi tekstur dan kematangan daging. Untuk itu jangan terburu-buru membalik daging.

Ilustrasi brokoliMizina Ilustrasi brokoli
4. Kelebihan atau Kekurangan Bumbu

Saat memasak, bumbu menjadi kunci utama kelezatan makanan. Untuk itu Anda perlu mencicipinya terlebih dahulu apakah makanan sudah pas atau justru keasinan.

Baca juga: Ini Kombinasi Ikan dan Bumbu yang Pas untuk Hidangan Pepes

Ketika memasak Anda perlu untuk mencicipi makanan setiap kali memasukkan bumbu ke dalamnya. Ketika makanan terasa asin, coba tambahkan air, kaldu, atau krim untuk membuat rasa tidak terlalu kuat.

Halaman:
Sumber FoodBeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com