Kompas.com - 16/10/2018, 06:00 WIB
Suasana Myeongdong, Seoul, Korea Selatan, di bulan Oktober. KOMPAS.com/APRILLIA IKASuasana Myeongdong, Seoul, Korea Selatan, di bulan Oktober.
Penulis Aprillia Ika
|

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Myeongdong, nama jalan di Seoul, Korea Selatan ini ternama lantaran jadi surganya produk fashion, kosmetik dan perawatan wajah. Berwisata ke Korea, tak lengkap rasanya jika belum menjelajahi Myeongdong.

Berbelanja ke Myeongdong ini karena produknya murah-murah dibandingkan di Indonesia, rata-rata pengunjung kalap berbelanja. Bisa saja kamu menambah kopor sepulangnya dari Korea gara-gara sarat belanjaan.

Berikut pengalaman Kompas.com mengunjungi tempat wisata ini beberapa waktu lalu bersama Korea Tourism Organization Jakarta serta lima selebgram hijab yakni Asma Nadia (@asmanadia), Indah Nada Puspita (@indahnadapuspita), Rizky Amelia (@ameliaelle), Bella Almira (@bellmirs), serta Syifa Adinda Negara (@adindanegara).

1. Siapkan won

Won Koreawww.exploringkorea.com Won Korea

Walau kita sudah memiliki kartu kredit, sebaiknya tetap siapkan won dalam bentuk kas untuk membeli kebutuhan pribadi atau berbelanja makanan di lapak-lapak street food sepanjang Myeongdong. Harga makanan mulai dari 1000 won sampai 5.000 won (1 won=Rp 14).

Membawa kas ini juga untuk berjaga-jaga jika sistem pembayaran elektronik gagal. Kamu juga bisa membawa dollar AS untuk berjaga-jaga jika harus menukarkan uang di money changer. Di Myeongdong ada banyak money changer yang tersedia.

2. Pakai kartu kredit

Ilustrasi kartu kreditIndikaFM.com, Dok. HaloMoney.co.id Ilustrasi kartu kredit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menggunakan kartu kredit di Myeongdong, kamu harus terlebih dulu lapor untuk membuka penggunaan ke luar negeri ke bank penerbit. Prosesnya satu hari kerja.

Sayangnya, pengalaman Kompas.com menggunakan kartu kredit ketika berbelanja di beberapa toko di Myeongdong lumayan buruk.

Karena semua toko mengharuskan penggunaan tanda tangan digital, sementara di Indonesia cukup menggunakan PIN, sehingga tanda tangan yang tertera sepertinya terbaca beda di mesin pemindai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.