Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Tradisi Peurateb Aneuk, Cara Menidurkan Anak di Aceh

Kompas.com - 17/10/2018, 06:21 WIB
Masriadi ,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Sejumlah peserta menunggu giliran di panggung Lhokseumawe Traditional Festival Culture, Selasa (16/10/2018). Mereka peserta peurateb aneuk, sebutan lain, peuayon aneuk (menidurkan anak). Acara itu digelar di Lapangan Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

"Allah hai dododaidang

Seulayang blang ka putoeh taloe

Beurijang raye’k muda seudang

Tajak bantu prang ta bela Nanggroe


Allah hai dododaidang

Layang-layang putus tali

Cepat besar anak muda

Membantu perang bela negara

Syair itu mengalun pelan dari murid seorang ibu. Di depannya terdapat ayunan, lengkap dengan boneka yang dibuat seakan-akan seorang bayi. Dibalut persis mirip bayi. Delapan peserta tampil bergantian.

Sebagian menggunakan ayunan dengan metode sang ibu duduk, sebagian lagi memilih berdiri sambil mengayun anak, sebagian lainnya memeluk sang bayi sambil bersenandung.

“Sudah terbiasa dengan anak sendiri. Jadi tak terlalu ribetlah,” kata seorang peserta, Nur Bayani dari Desa Kuala, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Syair yang dinyanyikan umumnya berisi pesan moral, etika, dan perjuangan membela negara. Bagi masyarakat Aceh tempo dulu, peurateb aneuk sejenis doktrin sejak dini untuk membela agama, negara dan sesama. Itu pula turun temurun diajarkan pada generasi berikutnya.

Seorang ibu meninabobokan anaknya di Lapangan Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Selasa (16/10/2018)KOMPAS.com/Masriadi Seorang ibu meninabobokan anaknya di Lapangan Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Selasa (16/10/2018)

Sayangnya, era modern hari-hari ini, kondisi itu berubah. Kaum millenial mulai lupa dengan syair tempo lalu itu.

Hal itu dibenarkan salah seorang dewan juri, Ulya Maksum. Dalam even yang dibuka sejak empat hari lalu wajib mengirimkan perwakilan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com