Suka Duka Bersepeda di Copenhagen...

Kompas.com - 17/10/2018, 08:18 WIB
Bersepeda di Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018). KOMPASCOM/ANA SHOFIANA SYATIRIBersepeda di Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018).

COPENHAGEN, KOMPAS.com - Buat para pelancong yang datang ke Copenhagen, Denmark, katanya tak sah kalau tak menjajal keliling kota dengan bersepeda. Secara, kota ini dikenal dunia sangat ramah dengan pengendara sepeda.

Termasuk saya. Sejak baru tiba di Bandara Copenhagen, Minggu 14 Oktober 2018, saya ingin segera mewujudkan keinginan bersepeda di kota ini. Keinginan saya ini baru terwujud pada Selasa (16/10/2018) pagi waktu Copenhagen. (Jakarta lebih cepat 5 jam daripada Copenhagen)

Saya dan Dilo, teman saya, janjian bertemu di lobi hotel pada pukul 07.15. Padahal, pada pukul 07.00, matahari masih malu-malu menampakkan diri. Suhu udara pun dingin, kisaran 11 derajat celcius kalau saya lihat di aplikasi ponsel saya.

Nah, untuk bersepeda di sini, saya perlu persiapan yang beda dibanding bersepeda di Jakarta. Saya harus pakai baju lengan panjang, plus jaket, dan celana yang hangat. Ini demi melawan angin dan dinginnya udara pagi di luar sana. 

Baca juga: Wisata ke Denmark Cocok untuk Pecinta Sepeda

Harga sewa sepeda

Bersepeda di Kota Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018).KOMPAS.COM/ANA SHOFIANA SYATIRI Bersepeda di Kota Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018).
Kami pun menyewa sepeda milik hotel. Untuk sewa satu sepeda seharian, kita harus mengeluarkan kocek 125 krone, atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 312.500 (1 Krone = Rp 2.500).

Saat browsing mengenai sewa sepeda di Copenhagen, ada juga sewa sepeda Donkey Republic. Enaknya, sepeda ini dilengkapi dengan layar GPS. Sehingga, dijamin tidak nyasar. 

Baca juga: Kuliner dan Budaya Indonesia Dipromosikan di Denmark

Proses penyewaan ini mewajibkan untuk mengunduh aplikasi di ponsel. Semua proses dilakukan secara online. Sepeda pun bisa di-unlock melalui aplikasi tersebut. Dan enaknya, penyewa bisa mengakhiri penyewaan di lokasi drop off yang tersedia di banyak titik. Sewanya 100 krone per hari. 

Bersepeda di Kota Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018).KOMPASCOM/ANA SHOFIANA SYATIRI Bersepeda di Kota Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018).

Oleh karena beda tipis, 25 krone, dengan sewa di hotel, kami memilih sewa sepeda hotel. Dalam hati saya langsung teringat menyewa sepeda seharian di Gili Trawangan yang cuma Rp 50.000 seharian, atau sewa motor di Bali yang juga hanya Rp 50.000 seharian, he-he-he….

Tapi harus dimaklumi, Denmark adalah salah satu negara dengan biaya hidup tinggi di dunia. Ya, anggap aja pengalaman. Kan katanya, pengalaman lebih berharga daripada uang. Katanya loh yaaa…

Baca juga: Mau Menginap di Rumah LEGO di Denmark? Ikuti Kontesnya

Kondisi sepeda ukuran orang Eropa

Bersepeda di Kota Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018).KOMPAS.COM/ANA SHOFIANA SYATIRI Bersepeda di Kota Copenhagen, Denmark, Selasa (16/10/2018).
Setelah urusan bayar sewa sepeda selesai, kami diberi kunci yang sesuai dengan nomor sepeda. Puluhan sepeda terparkir di depan hotel dan dalam keadaan terkunci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X