Kompas.com - 17/10/2018, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Perhelatan Asian Games 2018 telah selesai dilangsungkan pada September 2018. Ada 45 negara yang ikut dalam perhelatan tersebut.

Tak hanya wisatawan domestik yang berlomba-lomba untuk menonton berbagai pertandingan pada perhelatan ini, tetapi juga wisatawan asing (wisman).

Menurut data dari Hasil Studi Dampak Ekonomi Asian Games 2018 dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, wisman terbanyak yang datang ke Asian Games berasal dari tiga negara.

Pengunjung asing atau wisman yang datang ke Asian Games 2018 terbanyak adalah wisatawan asal China, Jepang, Korea.

Menurut Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Marni data tersebut pun sesuai dengan data Kemenpar yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Sesuai data BPS yang dirilis tanggal 1 Oktober 2018 data kunjungan wisman pada bulan Agustus (waktu berlangsungnya Asian Games), memang benar bahwa jumlah kunjungan yang besar berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, Jepang, India dan Korea Selatan,” kata Marni saat dihubungi KompasTravel, Selasa (16/10/2018).

Adapun dari studi tersebut menyebutkan negara-negara dengan wisman terbanyak datang ke Asian Games 2018. Data tersebut bersumber dari Telkomsel, BPS, Positium, dan Bapennas.

10 Negara yang terbanyak berkunjung ke Asian Games 2018 diantaranya berikut ini.

1. Tiongkok sebanyak 10.375 pengunjung

2. Jepang sebanyak 10.038 pengunjung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.