Kompas.com - 17/10/2018, 16:06 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Perhelatan Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta dan Palembang pada Agustus lalu tentunya tak hanya menarik bagi wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara (wisman).

Para wisman yang datang tidak hanya tinggal dan menonton pertandingan di lokasi berlangsungnya Asian Games 2018, mereka juga menyempatkan waktu untuk pelesiran ke beberapa destinasi wisata di Indonesia.

Dalam data Hasil Studi Dampak Ekonomi Asian Games 2018 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, memperlihatkan beberapa destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisman.

Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan.ARSIP KOMPAS TV Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan.

Tiga destinasi wisata teratas yang paling banyak dikunjungi wisman setelah perhelatan Asian Games 2018 terdata mulai 26 Agustus hingga 8 September diantaranya Banyuasin (Sumatera Selatan), Badung (Bali), dan Batam.

“Mengapa mereka banyak berkunjung ke destinasi seperti Banyuasin, Badung, dan Batam disebabkan faktor kedekatan dengan Venue dan juga konektivitas yang mudah dalam hal ini ke Bali dan Batam,” kata Asdep Pemasaran I Regional II Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Marni kepada KompasTravel saat dihubungi, Rabu (17/10/2018).

Jembatan Barelang I menjadi salah satu daya tarik wisata Batam, Kepulauan Riau. Pelesir di Batam tidak hanya untuk belanja ke kawasan Nagoya, wisata ke pesisir Batam bisa menjadi pilihan.  KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Jembatan Barelang I menjadi salah satu daya tarik wisata Batam, Kepulauan Riau. Pelesir di Batam tidak hanya untuk belanja ke kawasan Nagoya, wisata ke pesisir Batam bisa menjadi pilihan.

Selain tiga destinasi tersebut, wisman juga mengunjungi destinasi wisata lainnya seperti Karawang, Bandung, Cianjur, Medan, Makassar, Padang, Serang, Lampung, dan Makassar.

Adapun wisman yang paling banyak melakukan kunjungan wisata ke destinasi lain usai Asian Games 2018 adalah wisman yang berasal dari Tiongkok, Saudi Arabia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.