Renyah dan Gurihnya Camilan Jagung Titie dari Larantuka NTT

Kompas.com - 17/10/2018, 21:04 WIB
Penjual jagung titie di Pasar Baru Larantuka, sebagai salah satu makanan khas dari Larantuka, Flores, NTT, Jumat (12/10/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPenjual jagung titie di Pasar Baru Larantuka, sebagai salah satu makanan khas dari Larantuka, Flores, NTT, Jumat (12/10/2018).

LARANTUKA, KOMPAS.com - Jagung menjadi salah satu komoditas pokok dari daerah Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Selain menjadi hidangan utama, jagung juga dibuat camilan khas, yaitu jagung titie.

"Iya ini (jagung titie) keripiknya orang sini, dari jagung bahannya," tutur Rugayah, penjual jagung titie di Pasar Baru Larantuka, saat berbincang dengan KompasTravel, Jumat (12/10/2018).

Jagung titie ialah keripik jagung, berbahan dasar jagung pulut asal Flores Tmur, tepatnya di Pulau Solor. Jagung tersebut ada yang berwarna putih, dan kuning, keduanya memiliki rasa yang berbeda.

Jagung kuning sedikit lebih manis, sedangkan jagung putih lebih terasa tepungnya. Meski jagung ini berasal dari Pulau Solor, tetapi pusat pengolahannya di Kecamatan Larantuka. Untuk dibuat jagung titie, dicuci bersih, lalu disangrai dengan kuali berbahan tanah liat, hingga minim kadar air.

Penjual jagung titie di Pasar Baru Larantuka, sebagai salah satu makanan khas dari Larantuka, Flores, NTT, Jumat (12/10/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penjual jagung titie di Pasar Baru Larantuka, sebagai salah satu makanan khas dari Larantuka, Flores, NTT, Jumat (12/10/2018).
"Dicuci bersih sampai tiga kali, disanggrai pake kuali lempung (tanah liat merah), baru dititie (dipipihkan) pake batu," kata Sumiati, penjual yang mendampingi Rukayah.

Untuk menikmatinya bisa dengan cara langsung dimakan mentah, ataupun digoreng terlebih dahulu. Untuk mengolahnya Anda tinggal menggorengnya tanpa harus dibumbui, karena keduanya sudah asin.

Penjual jagung titie di Pasar Baru Larantuka, sebagai salah satu makanan khas dari Larantuka, Flores, NTT, Jumat (12/10/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penjual jagung titie di Pasar Baru Larantuka, sebagai salah satu makanan khas dari Larantuka, Flores, NTT, Jumat (12/10/2018).
KompasTravel mencobanya dengan cara digoreng, keduanya memiliki rasa gurih, tetapi yang putih lebih terasa tepungnya, seperti kerupuk.

Salah satu tempat memperoleh camilan ini ialah di Pasar Baru Larantuka, Jalan Ekasapta, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Di sana jagung titie dijual Rp 19.000 satu gelas takar penuh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X