Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Rusia Tawari Jabar Ikut Festival Indonesia

Kompas.com - 18/10/2018, 12:27 WIB
I Made Asdhiana

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik tawaran Kedutaan Besar RI untuk Rusia untuk berpartisipasi dalam Festival Indonesia di Moskwa, Rusia pada 2019.

Biro Humas dan Protokol Setda Jawa Barat dalam siaran persnya, Kamis (18/10/2018), menyatakan tawaran ini diungkapkan langsung oleh Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarus M Wahid Supriyadi pada pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan KBRI, Diaspora dan PPI Moskwa di Wisma Duta Besar, Moskwa, Selasa (16/10/2018) waktu setempat, dalam rangka kunjungan kerja.

Baca juga: Panduan Wisata ke Sochi Rusia, Kota Piala Dunia 2018

Pada kesempatan itu Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menyampaikan beberapa "best practice" di Jawa Barat diantaranya visi misi Gubernur dan Wagub ke depan untuk membentuk "West Java Digital Province."

Baca juga: Tertarik Wisata ke Rusia? Simak 10 Fakta Menarik tentang Rusia...

"Saya sebagai gubernur akan mencoba menerapkan keadilan yang merata ke seluruh kabupaten kota di Jawa Barat, seperti contohnya keharusan untuk memiliki alun-alun sebagai tempat berkumpul, bersosialisasi dan berinteraksi antar-masyarakat sehingga indeks kebahagiaan pun dapat meningkat di seluruh Jawa Barat," katanya.

Moskwa, Rusia.Thinkstock Moskwa, Rusia.
Selain itu dalam rangka menekan angka korupsi di daerah, ia juga akan menerapkan e-budgeting ke seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat sebagai upaya untuk transparansi anggaran dan wujud akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat.

Baca juga: 7 Camilan yang Disantap Para Penonton Piala Dunia di Rusia

Emil kemudian mengambil contoh pengalamannya memimpin Kota Bandung. "Sebagai contohnya, Kota Bandung setelah menerapkan e-budgeting dapat menghemat anggaran hingga Rp 1 triliun karena program yang tidak relevan dan tidak efisien dapat dieliminir oleh aplikasi tersebut," katanya.

Dubes RI untuk Rusia dan Belarus M Wahid Supriyadi menilai hubungan Rusia-Indonesia terjalin semakin harmonis.

Hal ini juga sejalan dengan angka wisatawan Rusia ke Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. "Era ini merupakan second Golden Era of Indonesia Rusia Relation yang mana hubungan kedua negara menjadi harmonis dan sinergis," katanya.

Taufik Udjo, anak Mang Udjo, yang bersama saudara-saudaranya kini mewarisi dan mengelola Saung Angklung Udjo.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Taufik Udjo, anak Mang Udjo, yang bersama saudara-saudaranya kini mewarisi dan mengelola Saung Angklung Udjo.
Untuk itu, menurut Wahid, ini adalah momen yang tepat mengenalkan daerah-daerah potensial, khususnya Jabar. "Wisatawan Rusia ke Indonesia meningkat tiap tahunnya, kami sangat berharap mereka juga akan mengunjungi Jawa Barat selanjutnya," kata Wahid.

Sejalan dengan hal tersebut, Gubernur Jabar menyambut tawaran tersebut dengan mengatakan akan mengirimkan angklung untuk KBRI Rusia.

"Saya akan mengirimkan angklung, instrumen musik khas Jawa Barat ke KBRI Moskwa untuk memberikan edukasi cultural bagi masyarakat di sini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com