Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kota Rekomendasi William Wongso untuk Wisata Kuliner

Kompas.com - 19/10/2018, 20:10 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Medan, Malang, dan Makassar menjadi tiga kota favorit pakar kuliner William Wongso untuk berwisata kuliner. Ia mengungkapkan tiga kota yang kebetulan seluruhnya diawali huruf M ini adalah surganya hidangan lezat.

"Kalau Medan karena melting pot (tempat tinggal masyarakat berbagai latar belakang). Semua makanan ada di sana. Restoran di sana pasti enak, karena tidak akan bertahan kalau tidak enak. Soalnya orang Medan kritis terhadap makanan," kata William ditemui di acara peluncuran Visa Epic Experinces di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (18/10/2018).

William bercerita saking banyaknya kuliner lezat di Medan, ia pernah memandu tur wisata kuliner selama dua hari, bersantap 24 kali. Ada banyak kuliner di Medan yang dapat dijajal. Mulai dari kuliner Melayu, Tionghoa, sampai India.

"Saya sampai tekankan ke peserta tur, makan sedikit-sedikit karena hanya beda dua meter saja kita sudah akan makan lagi," cerita William.

Bihun bebek dari Medan.Kompas.com/Silvita Agmasari Bihun bebek dari Medan.
Selain Medan ada Makassar yang menjadi lokasi wisata kuliner favorit William Wongso. Ia memilih Makassar karena suka dengan cita rasa makanan dan ada berbagai jenis ikan yang hanya dijual di Makassar.

Penulis buku Flavors of Indonesia yang memenangkan Cookbook of The Year di Gourmand World Cookbook 2017 ini mengaku doyan makan ikan, terutama ikan air tawar. Jadilah ketika berkunjung ke Makassar, William punya restoran hidangan laut langganan.

Terakhir ada Malang dengan makanan kaki lima yang membuat William mendaulatnya sebagai destinasi wisata kuliner pilihan. Malang menjadi kota kelahiran sekaligus tempat William untuk menempuh pendidikan. Sehingga Malang punya kedudukan tersendiri di hati William.

Meskipun Medan, Malang, dan Makassar menjadi kota favorit William Wongso untuk berwisata kuliner, tetapi ia berpesan setiap daerah di Indonesia punya kekayaan kuliner khas yang berbeda satu sama lain, sehingga layak untuk dieksplor.

"Saya sudah keliling dunia untuk makan, tetapi makanan Indonesia itu memang yang paling facinating (menakjubkan)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com