Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TransNusa Buka Rute dari Bandara Kertajati ke Semarang dan Lampung

Kompas.com - 20/10/2018, 19:30 WIB
Dendi Ramdhani,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan TransNusa akan membuka rute baru dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menuju Semarang (SRG) dan Bandar Lampung  (TKG) pada awal November 2018.

Untuk diketahui, sejak mendapat izin penerbangan komersial pada 2011 lalu, TransNusa lebih banyak melayani penerbangan di Indonesia bagian timur. Kini layanan itu meluas menuju tengah dan barat.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, penambahan rute TransNusa menuju dua daerah itu dilakukan mengingat cukup besarnya permintaan dan potensi pasar menuju Jawa Tengah serta Sumatera.

Baca juga: Citilink Kaji Pengembangan Rute Penerbangan Baru ke Kertajati

Setelah Semarang, Bandara Kertajati juga tengah membidik rute baru menuju Yogyakarta.

"Ada pun Bandar Lampung yang berada di bagian barat diharapkan bisa menjadi perintisan penerbangan lainnya menuju Pulau Sumatera seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh atau bahkan Batam yang cukup dinanti-nanti oleh warga Jawa Barat," kata Virda, Jumat (19/10/2018).

Maskapai TransNusa membuka rute dari Cilacap-Semarang 3 kali dalam sepekan, Senin (11/6/2018)KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Maskapai TransNusa membuka rute dari Cilacap-Semarang 3 kali dalam sepekan, Senin (11/6/2018)
Sebelumnya, Citilink telah melayani penumpang dari Bandara Kertajati menuju Surabaya yang beroperasi setiap hari.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik kedepannya baik itu untuk BIJB dan TransNusa," ucap Virda.

Baca juga: Kemenpar Apresiasi Rute Wisata Sriwijaya dan TransNusa

Pada tahap awal, TransNusa akan mulai mengisi slot pada Minggu 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik ini akan dibuka satu pekan dua kali yakni Minggu dan Senin.

Penerbangan dari Kertajati menuju Bandar Lampung dibuka pukul 06.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, Bandar Lampung-Kertajati pesawat akan berangkat pukul 07.50 WIB dan tiba di tujuan pukul 08.50 WIB.

Baca juga: Pisang Plenet, Camilan Pinggir Jalan di Semarang

Adapun untuk layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 09.10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Untuk selanjutnya, penerbangan Semarang menuju Kertajati pesawat akan lepas landas pukul 17.25 WIB dan tiba pukul 18.10 WIB.

Suasana ruang tunggu pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). BIJB merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng yang memiliki luas lahan mencapai 1.800 hektar dan akan dioperasikan pada hari Kamis (24/5/2018).  ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Suasana ruang tunggu pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). BIJB merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng yang memiliki luas lahan mencapai 1.800 hektar dan akan dioperasikan pada hari Kamis (24/5/2018).
"Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat," tutur Virda.

Virda menambahkan, rute yang kini terus dibidik yakni tujuan Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan internasional tujuaan Singapura, Malaysia, China dan Jepang.

"Kita targetkan diawal pengeoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati," tambah Virda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com