Kompas.com - 21/10/2018, 13:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk orang Indonesia, teh merupakan salah satu minuman yang paling digemari. Beragam varian teh hadir, mulai dari teh tubruk hingga teh celup.

Nah, sebelum Anda menikmati teh, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara menyeduh teh yang benar. Berikut tipsnya.

1. Seduh dengan suhu air yang tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah suhu air panas yang berbeda saat menyeduh teh celup dan teh daun/ tubruk.

Hal ini diungkapkan beberapa waktu lalu oleh Ratna Somantri, seorang konsultan teh, certified tea specialist, tea sommelier, penulis buku Kisah & Khasiat Teh dan The Story in A Cup of Tea, dan salah satu pendiri www.pasarteh.com.

Teh hijau, Ratna menyebutkan, diseduh dengan air panas dengan suhu sekitar 70 hingga 80 derajat Celsius. Teh hitam bisa menggunakan air panas dengan suhu 90 derajat Celsius.

2. Lama waktu seduh

Ratna mengingatkan untuk memperhatikan lama waktu saat menyeduh. Untuk teh celup, sebaiknya teh diangkat dan tidak dibiarkan terendam hingga menjadi pekat dan menimbulkan rasa pahit.

“Kalau direndam, makin lama maka kafein jadi makin tinggi. Espresso (kopi) kafeinnya lebih tinggi dari teh, tetapi karena teh direndam lama, bisa saja tehnya malah jadi lebih tinggi kafeinnya,” kata Ratna.

Maka dari itu sebaiknya untuk teh celup berupa teh hijau diseduh selama 2-3 menit. Sementara untuk teh hitam, lama menyeduh 3-5 menit.

3. Diamkan setelah diseduh

Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito mengatakan teh yang sudah diseduh belum bisa langsung dinikmati. 

Anda perlu bersabar dan mendiamkannya sekitar lima menit. Murdijati menjelaskan, pada saat itu sari yang terekstrak dari teh akan keluar secara maksimal dan khasiatnya pun bisa kita dapatkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.