Kompas.com - 22/10/2018, 10:08 WIB
Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAIndahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com – Menghabiskan waktu liburan banyak hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya bisa dengan wisata ke kebun teh.

Tak sekedar melihat perkebunan, Anda bisa menikmati udara sejuk, berfoto dengan hamparan hijau teh, menikmati teh langsung dari kebun, hingga menikmati atraksi wisata lainnya.

Oleh karena itu, ada beberapa kebun teh yang bisa Anda kunjungi diantaranya berikut ini.

1. Kebun Teh Malabar

Pohon teh yang tak dipetik dan dipercaya sebagai lahan perkebunan teh pertama di Malabar, Pangalengan, Jawa Barat.
 KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Pohon teh yang tak dipetik dan dipercaya sebagai lahan perkebunan teh pertama di Malabar, Pangalengan, Jawa Barat.
Kebun teh ini berada di Pangalengan, Jawa Barat. Anda bisa menemukan lahan kebun teh dan menikmatinya hingga mengetahui nilai sejarahnya.

Anda bisa berukunjung ke Makam Bosscha, lalu ke kebun teh, ke rumah Boscha, dan ke Pabrik Teh Malabar untuk melihat proses pengolahan teh.

2. Perkebunan Teh Tambi

Pemetik teh di Kebun Teh Tambi, Wonosobo. Tribun Jogja/Hamim Thohari Pemetik teh di Kebun Teh Tambi, Wonosobo.
Perkebunan teh ini berlokasi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Perkebunan ini didirikan Pemerintah Belanda pada 1865. Setelah kemerdekaan, pada 1957, perusahaan ini diambil alih dan berganti nama menjadi NV. Tambi.

Kini di sana Anda bisa menikmati pemandangan kebun teh, mengelilingi kebun teh, melihat para pemetik teh bekerja, melihat proses pengolahan, menikmati teh, hingga bermalam di sana.

3. Kebun Teh Medini

Perkemahan Promasan di kebun teh Medini, Kendal, Jateng, ini setiap hari libur banyak orang yang berkemah. Mereka hampir semuanya anak-anak muda.KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN Perkemahan Promasan di kebun teh Medini, Kendal, Jateng, ini setiap hari libur banyak orang yang berkemah. Mereka hampir semuanya anak-anak muda.

Kebun teh ini terletak di Kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah. Luas kebun teh ini sekitar 386 hektar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.