5 Kebun Teh yang Siap Bikin Liburan Lebih Asyik - Kompas.com

5 Kebun Teh yang Siap Bikin Liburan Lebih Asyik

Kompas.com - 22/10/2018, 10:08 WIB
Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com – Menghabiskan waktu liburan banyak hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya bisa dengan wisata ke kebun teh.

Tak sekedar melihat perkebunan, Anda bisa menikmati udara sejuk, berfoto dengan hamparan hijau teh, menikmati teh langsung dari kebun, hingga menikmati atraksi wisata lainnya.

Oleh karena itu, ada beberapa kebun teh yang bisa Anda kunjungi diantaranya berikut ini.

1. Kebun Teh Malabar

Pohon teh yang tak dipetik dan dipercaya sebagai lahan perkebunan teh pertama di Malabar, Pangalengan, Jawa Barat.
 KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Pohon teh yang tak dipetik dan dipercaya sebagai lahan perkebunan teh pertama di Malabar, Pangalengan, Jawa Barat.
Kebun teh ini berada di Pangalengan, Jawa Barat. Anda bisa menemukan lahan kebun teh dan menikmatinya hingga mengetahui nilai sejarahnya.

Anda bisa berukunjung ke Makam Bosscha, lalu ke kebun teh, ke rumah Boscha, dan ke Pabrik Teh Malabar untuk melihat proses pengolahan teh.

2. Perkebunan Teh Tambi

Pemetik teh di Kebun Teh Tambi, Wonosobo. Tribun Jogja/Hamim Thohari Pemetik teh di Kebun Teh Tambi, Wonosobo.
Perkebunan teh ini berlokasi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Perkebunan ini didirikan Pemerintah Belanda pada 1865. Setelah kemerdekaan, pada 1957, perusahaan ini diambil alih dan berganti nama menjadi NV. Tambi.

Kini di sana Anda bisa menikmati pemandangan kebun teh, mengelilingi kebun teh, melihat para pemetik teh bekerja, melihat proses pengolahan, menikmati teh, hingga bermalam di sana.

3. Kebun Teh Medini

Perkemahan Promasan di kebun teh Medini, Kendal, Jateng, ini setiap hari libur banyak orang yang berkemah. Mereka hampir semuanya anak-anak muda.KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN Perkemahan Promasan di kebun teh Medini, Kendal, Jateng, ini setiap hari libur banyak orang yang berkemah. Mereka hampir semuanya anak-anak muda.

Kebun teh ini terletak di Kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah. Luas kebun teh ini sekitar 386 hektar.

Wisatawan bisa berkemah di area perkemahan Promasan dan melihat Goa Jepang di sana.

4. Kebun Teh Pagilaran

Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).
Kebun Teh Pagilaran berlokasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Kebun teh seluas 1.130 hektar ini, mempunyai beberapa pabrik, yakni teh hitam di Batang dan Pekalongan, teh hijau di Banjarnegara, teh merah di Kulon Progo, dan pabrik cokelat di Batang.

Wisatawan pun bisa berwisata di kebun teh tersebut, mulai dari berkeliling kebun dan pabrik teh, tea tasting, wisata kuliner seputar teh, ragam sajian budaya lokal, dan homestay.

5. Perkebunan Teh Kertowono

Wisatawan menuruni Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi setelah menikmati suasana matahari terbit di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menuruni Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi setelah menikmati suasana matahari terbit di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
Perkebunan teh ini lokasinya ada sekitar 55 kilometer dari Kota Lumajang, Jawa Timur.

Anda bisa menikmati udara segar dengan berkeliling kebun teh menggunakan sepeda atau dengan motor trail.

Adapula tempat berkemah di sana yakni Kampung Baru atau Bukit Inspirasi.

Selain itu, ada wisata edukasi mulai dari berkeliling kebun teh, pemetikan daun, pengolahan daun, hingga mencicipi teh.



Close Ads X