Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Agenda Wisata di Bulan November 2018

Kompas.com - 22/10/2018, 18:10 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum punya agenda liburan di bulan November nanti, jangan khawatir karena KompasTravel punya rekomendasi fesival yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terkasih.

1. Festival Pagaruyung

Festival Pagaruyung akan digelar pada 29 November hingga 2 Desember 2018 di Istana Pagaruyung, Sumatera Barat. Festival ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang bisa dikunjungi seperti pameran matrilineal, pacu kudo, pacu jawi, pertunjukan tari kolosal, karnaval, dan pemutaran film Minangkabau lewat bioskop keliling.

Ada juga Festival Randai, tradisi makan bajamba, keroncong minang, debus, pertunjukan silat, seminar budaya, dialog interaktif mengenai adat budaya Minang, serta Pagaruyung Expo.

2. Borobudur Writer and Culture Festival

Relief Siddharta Gautama memangkas rambut, Candi Borobudur, Jawa Tengah.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Relief Siddharta Gautama memangkas rambut, Candi Borobudur, Jawa Tengah.
Festival yang akan digelar pada 23 hingga 25 November 2018 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Di sana akan ada pertemuan para budayawan, penulis, seniman, peneliti, hingga para pelancong dari berbagai negara.

Acara ini telah berlangsung sejak 2010 dengan mengambil tema yang memuliakan mahakarya Borobudur dan masyarakat sekitar. Selain itu, diselenggarakan juga penganugrahan Sang Hyang Kamahayanikan Awar kepada peneliti nasional dan internasional.

Ada juga lokakarya kreatif dengan pengrajin serta perhelatan seni kontemporer yang di adakan di lapangan Aksobya di lereng Borobudur.

3. Festival Budaya Cirebon

Situs bersejarah di tengah kota Cirebon, Gua Sunyaragi.Silvita Agmasari Situs bersejarah di tengah kota Cirebon, Gua Sunyaragi.
Festival Budaya Cirebon (FBC) akan digelar pada 21 hingga 28 November 2018 di Kota Cirebon, Jawa Barat. Tahun ini, FBC mengambil tema Kerata Pakasi Naga Lima yaitu simbol kejayaan kerajaan Cirebon.

Pakasi Naga Lima merupakan warisan pusaka dari Cirebon. Ide dasar festival kreasi dari tema ini sendiri perpaduan dari tiga jenis hewan, yaitu Pakasi atau burung yang mewakili simbol budaya islam; Naga merupakan mewakili budaya China; dan Liman mewakili budaya India.

FBC tak hanya menampilkan adat budaya dan tradisi keraton, ada juga fashion berbasiskan budaya lokal.

4. Gorontalo Karnaval Karawo

Dalam acara Gorontalo Karnaval Karawo, kain khas Karawo akan diperkenalkan pada 20 hingga 25 November di kota Gorontalo. Acara yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan sulam Karawo khas Gorontalo ini akan melombakan desain busana dengan empat kategori lomba.

Tiap designer dan busana yang dibawakan oleh peserta adalah busana muslim, gaun pesta, pakaian kasual dan pakaian kantoran.

5. Jogja International Heritage Walk

Jogja International Heritage Walk (JIHW) merupakan olahraga non-kompetisi dengan jarak tempuh 20 km dan 10 km dua hari yaitu pada 17 hingga 18 November 2018 di wilayah Candi Prambanan dan Imogiri, Bantul.

JIHW bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan olahraga rekreasi, mensosialisasikan pola hidup sehat dengan berjalan kaki, menciptakan gerakan lingkungan hijau dengan program penanaman pohon, pemberdayaan UKM dan potensi masyarakat desa, serta mempromosikan kesenian tradisional daerah setempat.

Untuk berbagai event menarik lainya, Anda bisa lihat https://vik.kompas.com/vakansi2/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com